Rizki, Reni Yulia (2015) Pengembangan modul menangani surat/dokumen kantor berbasis guided inquiry pada materi memproses surat/dokumen untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada siswa kelas XI Administrasi Perkantoran di SMKN 2 Kediri) / Reni Yulia Rizki. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Yulia Reni Rizki. 2015. Pengembangan Modul Menangani Surat/Dokumen Kantor Berbasis Guided Inquiry pada Materi Memproses Surat/Dokumen untuk Meningkatkan Hasil Belajar (Studi pada Siswa Kelas XI Administrasi Perkantoran di SMKN 2 Kediri). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Mohammad Arief M.Si. (2) Dr. Hj. Madziatul Churiyah S.Pd. M.M. Kata Kunci modul guided inquiry memproses surat/dokumen hasil belajar. Modul merupakan sarana belajar yang sangat dibutuhkan dalam proses belajar. Dengan terbatasnya siswa yang menggunakan modul saat proses pembelajaran Menangani Surat/Dokumen Kantor menyebabkan tingkat keaktifan dan hasil belajar siswa menjadi rendah. Sehingga untuk membantu proses pembelajaran siswa di kelas peneliti mengembangkan modul Menangani Surat/Dokumen Kantor berbasis guided inquiryyang dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran yang membuat siswa belajar mandiri serta membangun pengetahuannya sendiri untuk memahami konsep berpikir kritis dan analitis sehingga pembelajaran yang dilakukan lebih bermakna. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) merancang modul Menangani Surat/Dokumen Kantor sesuai dengan model guided inquiry pada materi Memproses Surat/Dokumen untuk siswa SMK kelas XI program keahlian Administrasi Perkantoran yang dilengkapi dengan buku pegangan guru (2) Memvaliditasi modul yang telah dikembangkan melalui hasil validasi oleh ahli modul dan ahli materi sebelum dinyatakan untuk layak digunakan (valid) (3) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan bahan ajar modul Menangani Surat/Dokumen Kantor berbasis guided inquiry dengan siswa yang tidak menggunakan bahan ajar modul Menangani Surat/Dokumen Kantor berbasis guided inquiry. Penelitian pengembangan ini menggunakan rancangan model 4D yang diadaptasi dari Thiagarajan dkk. melalui empat langkah penelitian yaitu mendefinisikan (define) merancang (design) mengembangkan (develop) dan menyebarluaskan (desseminate). Validasi modul dilakukan oleh 1 orang dosen Jurusan Manajemen Program Studi Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Malang sebagai validator ahli modul pembelajaran 1 orang guru mata pelajaran Menangani Surat/Dokumen Kantor SMKN 2 Kediri sebagai validator ahli materi dan enam siswa kelas XI APK 4 SMKN 2 Kediri sebagai validator user. Produk yang dikembangkan berupa modul pembelajaran Menangani Surat/Dokumen Kantor dengan menggunakan model guided inquiry yang dilengkapi dengan buku pegangan guru. Kompetensi dasar yang dikembangkan oleh peneliti dalam modul ini adalah Memproses Surat/Dokumen. Sajian dan analisis data pada penelitian ini dibedakan menjadi empat aspek yaitu (1) aspek kelayakan isi (2) aspek kelayakan penyajian (3) aspek kelayakan bahasa dan (4) aspek kelayakan kegrafikan. Berdasarkan penilaian dari validator ahli dan validator user pada keempat aspek tersebut diperoleh rata-rata sebesar 85% yang berarti modul ini termasuk kategori valid dan layak digunakan. Ditinjau dari efektifitas produk berdasarkan data dari perhitungan uji t program SPSS perbedaan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 89 64 dengan 85 06 sehingga modul ini efektif digunakan.Oleh karena itu guru mata pelajaran Menangani Surat/Dokumen Kantor disarankan menggunakan modul ini sebagai alternatif penunjang pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 May 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28952 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |