Pengaruh gaya mengajar guru dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata diklat humas dan keprotokolan di SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Wulan Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh gaya mengajar guru dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata diklat humas dan keprotokolan di SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Wulan Sari

Sari, Wulan (2015) Pengaruh gaya mengajar guru dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata diklat humas dan keprotokolan di SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Wulan Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sari Wulan. 2015. Pengaruh Gaya Mengajar Guru dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada mata diklat Humas dan Keprotokolan di SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Skripsi Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Wasiti S.Sos. M.Si (II) Drs. Sarbini. Kata Kunci gaya mengajar motivasi belajar hasil belajar Peran guru dalam memberikan variasi gaya mengajar sangat penting karena dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Dengan suasana belajar yang menyenangkan maka dapat membangkitkan motivasi siswa. Motivasi merupakan faktor yang penting dalam pembelajaran dengan adanya motivasi siswa akan memperoleh hasil belajar yang maksimal. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk (1) mengetahui pengaruh secara parsial gaya mengajar guru terhadap hasil belajar motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar (2) mengetahui pengaruh secara simultan gaya mengajar guru dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas XI mata diklat Humas dan Keprotokolan SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 3 Singosari yang berjumlah 86 siswa. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan menggunakan instrumen angket dalam pengumpulan data. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) besarnya thitung (3 048) dari ttabel (1 987) atau sig t (0 003) 0 05 maka Ha diterima. Artinya secara parsial variabel gaya mengajar guru berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar (2) besarnya thitung (2 670) dari ttabel (1 987) atau sig t (0 009) 0 05 maka Ha diterima. Artinya secara parsial variabel motivasi belajar siswa berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar (3) besarnya Fhitung (12 656) Ftabel (3 95) atau sig F (0 000) 0 05 maka secara simultan variabel gaya mengajar guru (X1) dan motivasi belajar siswa (X2) berpengaruh signifikan terhadap variabel hasil belajar (Y). Saran yang direkomendasikan terkait dengan hasil penelitian adalah (1) diharapkan siswa dapat lebih meningkatkan motivasi belajarnya sehingga mampu mengoptimalkan hasil belajar (2) diharapkan guru mampu menciptakan suasana kelas yang kondusif tidak membosankan dan menyenangkan bagi siswa serta mendukung proses belajar mengajar dengan hasil belajar yang maksimal (3) bagi peneliti yang mengadakan penelitian sejenis disarankan untuk memperhatikan variabel-variabel lain yang berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28949

Actions (login required)

View Item View Item