Pengaruh penerapan presensi sidik jari (fingerprint) terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja di SMA Negeri 5 Malang / Lia Sepda Kristin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan presensi sidik jari (fingerprint) terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja di SMA Negeri 5 Malang / Lia Sepda Kristin

Kristin, Lia Sepda (2015) Pengaruh penerapan presensi sidik jari (fingerprint) terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja di SMA Negeri 5 Malang / Lia Sepda Kristin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kristin Lia Sepda. 2015. Pengaruh Penerapan Presensi Sidik Jari (Fingerprint) Terhadap Kinerja Guru Melalui Motivasi Kerja Di SMA Negeri 5 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. I Nyoman Suputra M.Si (2) Drs. Sarbini Kata kunci Presensi Sidik Jari Kinerja Guru Motivasi Kerja Peningkatan motivasi kerja dan kinerja guru merupakan tantangan baru bagi dunia pendidikan dalam mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk itu diperlukan guru yang professional dan berkualitas dalam menghadapi kemajuan dan tantangan baru tersebut. Seiring dengan perkembangan IPTEK terdapat teknologi yang dapat meningkatkan motivasi kerja dan kinerja guru yaitu presensi sidik jari (fingerprint). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 51 guru dengan sampel 34 guru. Teknik dalam Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis) dengan bantuan SPSS 16 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Penerapan presensi sidik jari (fingerprint) termasuk dalam kategori sangat baik motivasi kerja guru termasuk dalam kategori tinggi dan kinerja guru termasuk dalam kategori baik. (2) Terdapat pengaruh secara langsung yang signifikan dan positif antara penerapan presensi sidik jari terhadap motivasi kerja guru. (3) Terdapat pengaruh secara langsung yang signifikan dan positif antara motivasi kerja terhadap kinerja guru. (4) Terdapat pengaruh secara tidak langsung yang signifikan dan positif antara penerapan presensi sidik jari terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja. Saran yang direkomendasikan sehubungan dengan hasil penelitian adalah (1) Untuk meningkatkan motivasi kerja dan kinerja guru di SMA Negeri 5 Malang hendaknya lembaga pendidikan tersebut selalu memantau meninjau dan memperbaiki pelaksanaan presensi sidik jari (fingerprint) yang sudah ada. Hal ini juga dapat mengurangi sikap para guru yang tidak terlalu termotivasi dengan sistem presensi sidik jari (fingerprint) yang sudah berjalan selama ini. (2)Lembaga pendidikan di SMA Negeri 5 Malang hendaknya melakukan kajian motivasi dan kinerja secara berkala dengan harapan dapat mengetahui hal-hal apa saja yang dapat mempengaruhi motivasi kerja dan kinerja para guru sekaligus mengidentifikasi masalah-masalah yang mungkin saja timbul sehingga masalah tersebut dapat segera teratasi. Selain itu lembaga pendidikan di SMA Negeri 5 Malang perlu mengkaji faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi motivasi kerja dan kinerja guru di SMA Negeri 5 Malang selain penerapan presensi sidik jari (fingerprint) faktor-faktor tersebut bisa saja mengenai lingkungan kerja atau iklm kerja hubungan interpersonal dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28948

Actions (login required)

View Item View Item