Pengaruh motivasi belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran (studi pada siswa Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK PGRI 2 Malang) / Nyuherno Aris Wibowo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh motivasi belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran (studi pada siswa Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK PGRI 2 Malang) / Nyuherno Aris Wibowo

Wibowo, Nyuherno Aris (2015) Pengaruh motivasi belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran (studi pada siswa Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK PGRI 2 Malang) / Nyuherno Aris Wibowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wibowo. Nyuherno Aris. 2015. Pengaruh Motivasi Belajar dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran Kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran Tahun Ajaran 2014/2015 pada SMK PGRI 2 Malang. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sopiah M.Pd. M.M. (II) Drs. Sarbini. Kata kunci Motivasi Belajar Minat Belajar dan Prestasi Belajar Belajar merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh manusia untuk memperkaya ilmunya agar manusia mengenali jati diri mereka. Manusia harus bisa mengembangkan ilmu mereka sehingga mempunyai manfaat baik bagi dirinya sendiri maupun bagi orang lain. Dalam ranah pendidikan misalnya seorang siswa harus belajar semaksimal mungkin untuk mendapatkan ilmu dan prestasi di sekolah. Dibutuhkan sebuah motivasi dan minat untuk mengembangkan prestasi belajar. Motivasi dan minat siswa merupakan salah satu faktor penting untuk menentukan berhasil tidaknya siswa dalam melakukan suatu proses belajar. Semakin tinggi motivasi dan minat belajar siswa maka kemungkinan besar siswa akan mencapai prestasi belajar yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh motivasi dan minat siswa secara parsial terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Variabel bebas dari penelitian ini yaitu motivasi belajar dan minat belajar dengan variabel terikatnya adalah prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Administrasi Perkantoran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X XI dan kelas XII Jurusan Administrasi Perkantoran tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 152 siswa dengan sampel yang digunakan sebanyak 30 siswa yang tidak lain adalah kelas X dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) motivasi belajar minat belajar dan prestasi belajar siswa kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran SMK PGRI 2 Malang pada mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran sangat tinggi. (2) terdapat pengaruh positif signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran. (3) terdapat pengaruh positif signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran. Berdasarkan uraian di atas peneliti menyarankan (1) siswa diharapkan terus meningkatkan motivasi dan memperdalam minat belajar agar semangat belajar lebih terpacu sehingga berpengaruh positif terhadap prestasi belajar. (2) peran orang tua dan guru sebagai pendidik dan pengajar harusnya bisa membawa siswa ke arah kebaikan dengan memberikan semangat dan arahan agar siswa termotivasi untuk belajar dan semakin senang dan minat terhadap materi yang dipelajarinya sehingga bisa memperoleh prestasi belajar yang bagus dan bisa mengejar cita-cita mereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28947

Actions (login required)

View Item View Item