Implentasi standar proses pendidikan pada program kompetensi administrasi perkantoran di SMK Tektil Pandaan / Prayuda Kasih Nugroho - Repositori Universitas Negeri Malang

Implentasi standar proses pendidikan pada program kompetensi administrasi perkantoran di SMK Tektil Pandaan / Prayuda Kasih Nugroho

Nugroho, Prayuda Kasih (2015) Implentasi standar proses pendidikan pada program kompetensi administrasi perkantoran di SMK Tektil Pandaan / Prayuda Kasih Nugroho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nugroho Prayuda K. 2014. Implementasi Standar Proses Pendidikan pada Program Kompetensi Administrasi Perkantoran di SMK Tekstil Pandaan. Skripsi Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Wasiti S.Sos M.Si (II) Afwan Hariri Agus Prohimi S.E M.Si. Kata Kunci Implementasi Standar Proses Program Kompetensi Administrasi Perkantoran Standar Proses adalah standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran pada satu satuan pendidikan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang terdiri dari perencanaan pembelajaran persyaratan pembelajaran serta pelaksanaan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana implementasi Standar Proses Pendidikan pada Program Kompetensi Administrasi Perkantoran di SMK Tekstil Pandaan. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sasaran penelitian ini adalah Kepala Program Kompetensi Administrasi Perkantoran guru mata pelajaran produktif serta siswa pada Program Kompetensi Administrasi Perkantoran. Pengumpulan data dilakukan dengan prosedur yaitu observasi awal pelaksanaan penelitian analisis data penarikan kesimpulan dan pelaporan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara dokumentasi dan observasi dilengkapi dengan instrumen penelitian yaitu panduan wawancara lembar obeservasi dan penilaian serta catatan lapangan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh tiga simpulan hasil penelitian sebagai berikut (1) Implementasi Standar Proses pada Program Kompetensi Administrasi Perkantoran di SMK Tekstil Pandaan secara keseluruhan belum sesuai dengan Permendikbud No.65 Tahun 2013. (2) Kendala yang dihadapi SMK Tekstil Pandaan yaitu perbandingan jumlah buku dan jumlah siswa belum sesuai kesadaran guru untuk menerapkan Permendikbud No.65 Tahun 2013 belum maksimal serta tidak ada contoh lampiran Silabus dan RPP berdasarkan Kurikulum 2013 untuk mata pelajaran produktif pada Program Kompetensi Administrasi Perkantoran. (3) Untuk mengatasi kendala SMK Tekstil Pandaan yang bekerjasama dengan pemerintah berusaha melengkapi jumlah buku yang ada di Perpustakaan sekolah. Serta merencanakan sosialisasi khusus tentang Standar Proses beserta aspek-aspek yang wajib dilaksanakan guru dalam kegiatan belajar mengajar yang sudah diatur dalam Permendikbud No. 65 Tahun 2013. Melihat dari hasil penelitian di SMK Tekstil Pandaan dapat dikemukakan saran sebagai berikut (1) mengingat di SMK Tekstil Pandaan setiap Program Kompetensi memiliki akreditasi A maka disarankan untuk lebih meningkatkan lagi dalam penerapan standar proses yang saat ini diatur dalam Permendikbud No.65 Tahun 2013 (2) untuk setiap guru memperhatikan dan menerapkan setiap peraturan yang tercantum dalam peraturan pemerintah tentang standar proses yang diatur dalam Permendikbud No.65 Tahun 2013. (3) kepada peneliti lain untuk menyempurnakan penelitian ini dalam lingkup Perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang sudah ditetapkan oleh pemerintah dan mencari solusi yang terbaik untuk memecahkan permasalahan yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Mar 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28945

Actions (login required)

View Item View Item