Penerapan model pembelajaran snowball throwing dan time token dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran (studi pada siswa kelas X APK 2 SMK Negeri 1 Turen) / Vera Kusuma Dewi Wardani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran snowball throwing dan time token dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran (studi pada siswa kelas X APK 2 SMK Negeri 1 Turen) / Vera Kusuma Dewi Wardani

Wardani, Vera Kusuma Dewi (2015) Penerapan model pembelajaran snowball throwing dan time token dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran (studi pada siswa kelas X APK 2 SMK Negeri 1 Turen) / Vera Kusuma Dewi Wardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wardani Vera. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing dan Time Token dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Nyoman Suputra M.Si (II) Drs. Mohammad Arief M.Si Kata Kunci Snowball Throwing Time Token hasil belajar 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilaksanakan karena melihat kondisi siswa yang masih cenderung pasif dalam kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan secara kontekstual sehingga menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dan Time Token. Langkah-langkah pembelajaran Snowball Throwing dan Time Token terdiri dari (1) Guru menyampaikan materi dan KD yang ingin dicapai (2) Guru membentuk kelompok lalu memanggil masing-masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan tentang materi (3) Masing-masing ketua kelompok menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada anggota kelompok (4) Guru memberi kupon berbicara dan satu lembar kertas kerja pada tiap siswa (5) Setiap siswa membuat satu buah pertanyaan pada lembar kertas kerja kemudian kertas yang berisi pertanyaan tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa yang lain (6) Siswa diberikan kesempatan untuk menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian (7) Siswa memberikan kupon bicara kepada guru sebelum menjawab pertanyaan (8) Guru memberi sejumlah nilai sesuai waktu yang digunakan dan ketepatan jawaban yang disampaikan tiap siswa (9) Evaluasi (10) Penutup. 12288 12288 12288 12288 Dalam penelitian ini terdapat 3 rumusan masalah penelitian yaitu (1) Bagaimana kondisi awal hasil belajar siswa kelas X APK 2 di SMK Negeri 1 Turen pada mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran (2) Bagaimana penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dan Time Token pada siswa kelas X APK 2 di SMK Negeri 1 Turen (3) Apakah melalui model pembelajaran Snowball Throwing dan Time Token dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X APK 2 di SMK Negeri 1 Turen pada mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas model pembelajaran yang digunakan adalah model Snowball Throwing dan Time Token. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X APK 2 sebanyak 36 siswa. Penelitian dilakukan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi wawancara tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan sebelum memasuki lapangan selama di lapangan dan setelah di lapangan. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kondisi awal hasil belajar siswa rendah dengan persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 25% (2) Penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dan Time Token dilaksanakan dengan 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan tahap pelaksanaan tahap pengamatan dan tahap refleksi. (3) Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh persentase ketuntasan sebesar 50% dan hasil belajar siswa pada siklus II ketuntasan meningkat menjadi 75%. 12288 12288 12288 12288 Kesimpulan dari penelitian ini antara lain (1) Kondisi awal hasil belajar siswa masih rendah (2) Proses pembelajaran penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dan Time Token berjalan dengan lancar (3) Penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dan Time Token dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Saran yang diajukan peneliti yaitu (1) Apabila proses pembelajaran menggunakan model Snowball Throwing dan Time Token sebaiknya siswa mengambil setiap kesempatan yang ada untuk memperoleh nilai maksimal dan dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin (2) Jika guru menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing dan Time Token perlu memperbaiki pelaksanaan tindakan dengan mengatur waktu yang digunakan sesuai dengan RPP (3) Bagi peneliti selanjutnya penelitian ini dapat dijadikan acuan peneliti selanjutnya dengan menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing dan Time Token pada mata pelajaran yang berbeda dan dikaitkan dengan variabel lain selain hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28941

Actions (login required)

View Item View Item