Lestari, Linda Putri (2015) Pengaruh konformitas teman sebaya dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XII tahun ajaran 2014/2015 di SMK Muhammadiyah 3 Singosari Kabupaten Malang / Linda Putri Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Lestari L.P. 2014. Pengaruh Konformitas Teman Sebaya dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XII Tahun Ajaran 2014/2015 di SMK Muhammadiyah 3 Singosari Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Gatot Isnani M.Si. (II) Dr. Wahju Wibowo A.Md. S.E. M.Si. Kata kunci konformitas teman sebaya disiplin belajar prestasi belajar. Perkembangan kehidupan sosial pada remaja ditandai dengan meningkatnya pengaruh teman sebaya. Remaja umumnya lebih banyak menghabiskan waktu bersama di luar rumah dengan teman sebaya sehingga pengaruh teman sebaya terhadap sikap dan perilaku remaja sangat besar khususnya di lingkungan sekolah. Teman bergaul merupakan bagian dari faktor eksternal yang mempengaruhi proses maupun prestasi belajar siswa. Teman bergaul yang baik berpengaruh baik pada siswa dan teman bergaul yang jelek pasti berpengaruh buruk juga pada siswa. Siswa yang bergaul dengan siswa yang disiplin juga akan berperilaku disiplin sebaliknya siswa yang bergaul dengan siswa yang tidak disiplin akan melanggar tata tertib sekolah atau berperilaku tidak disiplin. Konformitas teman sebaya maupun disiplin belajar merupakan bagian kecil dari faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar. Faktor-faktor tersebut dapat dijadikan acuan dalam mengarahkan kegiatan belajar siswa untuk mencapai prestasi yang lebih optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Deskripsi konformitas teman sebaya disiplin belajar dan prestasi belajar siswa. (2) Pengaruh konformitas teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa. (3) Pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional yaitu penelitian dengan tujuan memperoleh gambaran tentang variabel yang diteliti dan menemukan ada tidaknya hubungan antara masing-masing variabel. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah konformitas teman sebaya (X1) dan disiplin belajar (X2) sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII yang berjumlah 230 siswa dengan jumlah sampel 139 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Skala yang digunakan adalah skala Likert dengan lima skala ukur dimulai dari opsi sangat setuju setuju cukup setuju tidak setuju sangat tidak setuju. Sedangkan prestasi belajar klasifikasinya adalah kurang baik cukup baik baik dan sangat baik. Uji kelayakan instrumen digunakan uji validitas dan reliabilitas dengan bantuan SPSS 19 for Windows. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan dengan membagikan kuesioner pada 30 responden yang merupakan siswa kelas XII di SMK PGRI 6 Kota Malang. Sumber data terdiri dari sumber primer yang berasal dari siswa kelas XII tahun ajaran 2014/2015 dan sumber sekunder yang diperoleh dengan pengambilan data-data berupa nilai rata-rata rapor siswa SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Penelitian ini menggunakan skala ordinal yang diperoleh melalui skala Likert sehingga data dalam penelitian adalah data ordinal yang diperlakukan sebagai data interval. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan dokumentasi. Kuesioner digunakan untuk memperoleh data mengenai konformitas teman sebaya dan disiplin belajar. Siswa dikumpulkan dalam kelas masing-masing dan semua populasi mengisi kuesioner. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data mengenai jumlah siswa gambaran umum siswa serta prestasi belajar siswa melalui nilai rapor semester ganjil saat kelas XI tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini juga menggunakan beberapa uji asumsi klasik yaitu (1) Uji normalitas. (2) Uji multikolinearitas. (3) Uji heteroskedastisitas. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa (1) Hasil uji normalitas menunjukkan data berdistribusi normal dan terlihat dari titik-titik yang menyebar di sekitar garis diagonal pada gambar P-P Plot Of Regression Standardized Residual. (2) Hasil uji multikolinearitas menunjukkan tidak terjadi gejala multikolinearitas yang dapat dilihat dari nilai tolerance dan VIF. (3) Hasil uji heteroskedastisitas menunjukkan titik-titik pada gambar scatterplot tidak membentuk suatu pola tertentu dan menyebar acak sehingga pada penelitian ini tidak terjadi gangguan heteroskedastisitas. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa (1) Konformitas teman sebaya pada siswa diklasifikasikan tinggi. (2) Disiplin belajar siswa adalah sangat tinggi. (3) Sebagian besar siswa memiliki prestasi belajar yang baik. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa (1) Tidak ada pengaruh positif yang signifikan antara konformitas teman sebaya terhadap prestasi belajar. (2) Ada pengaruh positif yang signifikan antara disiplin belajar siswa terhadap prestasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) Bagi guru hendaknya memperhatikan faktor-faktor eksternal yang tidak tercakup dalam penelitian dan dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa sehingga peningkatan prestasi belajar siswa bisa dioptimalkan. (2) Bagi siswa diharapkan melakukan konformitas yang lebih bersifat positif dan lebih selektif dalam memilih teman pergaulan. Sikap disiplin juga perlu ditingkatkan dan diteruskan agar memperoleh prestasi belajar yang lebih baik. (3) Bagi orang tua diharapkan lebih memperhatikan dan mengawasi pergaulan di lingkungan rumah agar anak tidak terjerumus pada perilaku-perilaku negatif yang merugikan. Selain itu orang tua hendaknya memberikan arahan bimbingan dan menjadi teladan dalam penerapan disiplin pada anak di rumah. (4) Bagi peneliti selanjutnya yang tertarik untuk melanjutkan penelitian ini dapat memperluas indikator dalam instrumen penelitian meliputi konformitas teman sebaya di luar lingkungan sekolah dan perilaku konsumtif. Selain itu indikator disiplin belajar di sekolah juga dapat ditambahkan dengan disiplin belajar siswa di rumah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Feb 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28940 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |