Penerapan kolaborasi model pembelajaran Student Fasilitator and Explaining (SFAE) dan Team Quiz dengan media gambar untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kearsipan (studi pada siswa kelas X APK 3 SMKN 2 Blitar) / Meri Juwita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan kolaborasi model pembelajaran Student Fasilitator and Explaining (SFAE) dan Team Quiz dengan media gambar untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kearsipan (studi pada siswa kelas X APK 3 SMKN 2 Blitar) / Meri Juwita Sari

Sari, Meri Juwita (2015) Penerapan kolaborasi model pembelajaran Student Fasilitator and Explaining (SFAE) dan Team Quiz dengan media gambar untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kearsipan (studi pada siswa kelas X APK 3 SMKN 2 Blitar) / Meri Juwita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sari MeriJuwita. 2014.PenerapanKolaborasi ModelPembelajaranStudent Facilitator and Explaining(SFAE) danTeam QuizDengan MediaGambarUntukMeningkatkanAktivitasdanHasilBelajarSiswa(StudipadaSiswakelas X APK 3 SMKN 2 BLITARMataPelajaranKearsipan). Skripsi JurusanManajemen Program StudiPendidikanAdministrasiPerkantoran FakultasEkonomi UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. AgusHermawan M.Si Grad Dip MGT. M.Bus (II) Drs. Sarbini. Kata Kunci MetodeStudent Facilitator and Explaining(SFAE) Kurikulum 2013 Team Quiz MediaGambar Aktivitas HasilBelajar. Berdasarkanhasilobservasi yang dilakukanpeneliti aktivitassiswadikelascenderungdiambanyaksiswa yang mengantuk berbicaradengantemansebangkunya mengganggutemannya dantidakfokushaliniberdampakpadahasilbelajarsiswa yang cenderungdibawahketuntasankriteriapembelajaran.Untukmengatasihalinipenelitimenerapkanvariasidalam proses belajarmengajaryang dapatmeningkatkanaktivitaspositifsiswasepertikerjasama bertanggungjawabdanmenghargaiyaitudenganpenerapanmodelPembelajaranStudent Facilitator and Explaining(SFAE) danTeam Quiz. Penelitianinimenggunakanjenispenelitiantindakankelas (PTK) denganduasiklusmelaluipendekatankualitatif.Subjekpenelitian yang digunakandalampenelitianiniadalahsiswakelas X APK 3 SMKN 2Blitarkarenahasilbelajardikelasinimasihtergolongrendahadapunjumlahsiswadikelastersebutadalah 40 orang.Teknikpengumpulan data yang digunakandalampenelitianinimeliputiobservasi tes catatanlapangan dandokumentasisedangkananalisis data dilakukandenganmereduksi data penyajian data danpenarikankesimpulan. HasilpenelitianinimenunjukkanbahwaMetodePembelajaranStudent Facilitator and Explaining(SFAE) BerbasisKurikulum 2013danTeam QuizDengan MediaGambardapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswa. haliniditunjukkandenganadanyahasilpenelitianbahwaaktivitassiswapadasiklus I 92 5 % mengalamipeningkatansebanyak 3 4% menjadi 95 9%padasiklus II dengankategorisangatbaik danHasilbelajarsiswaaspekkognitifsiklus I 62 5% meningkatsebesar 14 4% menjadi 76 9% padasiklus II. Hasilbelajarsiswapadaaspekafektifmengalamikenaikansebesar 8 3% dari rata-rata siklus I 81 25% menjadi 89 9% padasiklus II. Hasilbelajaraspekpsikomotorikjugamengalamikenaikan yang cukupsignifikansebesar 10 3% dari 79 7 % padasiklus I menjadi 90% padasiklus II. Saran yang disampaikanpenelitiadalah dalampengimplementasian model Team Quiz dengan mediagambarbaiknya guru memberibatasanwaktudalampenyusunangambar agar siswaterlatihberfikircepatdankritisdanbagipenelitilanjutan baiknyaapabilainginmenerapkanpembelajaraninigunakanmateri yang mempunyaikarakteristik yang sesuaidanmendigitalkan media gambar yang digunakanpadapenelitianinidenganaplikasi yang lebihcanggih agar selaindapatmenghematbiayajugadapatmenghematwaktu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28938

Actions (login required)

View Item View Item