Saputra, Nugroho Decxa Saputra (2022) Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan (cooperative learning) meningkatkan keterampilan sosial smp kelas vii materi permainan bola basket / Nugroho Decxa Saputra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan jasmani pada hakikatnya merupakan bagian integral dari pendidikan secara keseluruhan yang tidak dapat dipisahkan. Sesuai dengan tujuan pendidikan nasional yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya pendidikan jasmani sebagai salah satu sub sistem pendidikan yang wajib diajarkan di sekolah berperan penting dalam pembentukan manusia seutuhnya. Pendidikan jasmani juga bertujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani keterampilan gerak keterampilan berfikir kritis keterampilan sosial penalaran stabilitas emosional tindakan moral aspek pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan melalui aktivitas jasmani olahraga dan kesehatan. Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk-produk berupa perangkat pembelajaran PJOK kelas VII SMP pada materi bola basket berdasarkan model pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning) untuk meningkatkan pembentukan kepribadian serta peningkatan kemampuan bersosial yang dinilai perlu untuk terus dikembangkan dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Metode penelitian dalam penelitian pengembangan ini adalah metode Research and Development atau R amp D yang dikemukakan oleh Borg and Gall. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket atau kuisioner. Validasi ahli dilakukan oleh 1(satu) ahli keterampilan sosial 1(satu) ahli media pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dan 1(satu) ahli pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Berdasarkan hasil analisis data dari koreksi tiga orang ahli produk pengembangan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dalam penulisan dan pemilihan bahasa masih banyak yang kurang dimengerti memiliki kekurangan pada keterangan gambar pada langkah ndash langkah pembelajaran dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran memerlukan penjelasan lebih detail pada keterangan nilai pemberian penghargaan pada penilaian hasil belajar dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Produk pengembangan telah disempurnakan berdasarkan koreksi dari ketiga ahli. Berdasarkan hasil validasi ahli terhadap produk maka produk pengembangan perangkat pembelajaran Cooperative Learning berbasis keterampilan sosial mata pelajaran PJOK kelas VII SMP/MTS pada materi bola basket ini dinyatakan baik secara teori dan layak untuk diujicobakan pada pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dan dinilai sesuai dengan kurikulum 2013 serta efektif dalam meningkatkan keterampilan sosial peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Jun 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/289354 |
Actions (login required)
View Item |