Pengembangan modul kearsipan berbasis guided inquiry pada materi sistem kearsipan untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Dewi Sri Sejati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul kearsipan berbasis guided inquiry pada materi sistem kearsipan untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Dewi Sri Sejati

Sejati, Dewi Sri (2015) Pengembangan modul kearsipan berbasis guided inquiry pada materi sistem kearsipan untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Dewi Sri Sejati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sejati Dewi Sri. 2014. Pengembangan Modul Kearsipan Berbasis Guided Inquiry pada Materi Sistem Kearsipan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa(Studi pada Siswa Kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 3 Singosari). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Mohammad Arief. M.SI (2) Dr. Heny Kusdiyanti. S.Pd. M.M Kata kunci modul guided inquiry sistem kearsipan hasil belajar. Penelitian pengembangan ini didasari oleh terbatasnya bahan ajar mata pelajaran Kearsipan. Bahan ajar Kearsipan yang mengembangkan kemampuan proses berpikir siswa belum dikembangkan sebelumnya. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa bahan ajar Kearsipan masih terbatas keaktifan dan hasil belajar siswa juga masih rendah. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah terbatasnya bahan ajar yang disusun secara sistematis komunikatif dan menarik bagi siswa. Pembelajaran Kearsipan dengan menggunakan modul yang diintegrasikan dengan model guided inquiry diharapkan dapat membuat siswa belajar mandiri sehingga siswa dapat menemukan sendiri pengetahuannya dan dapat membangun sikap aktif kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah 1) menghasilkan modul Kearsipan sesuai dengan model guided inquiry pada materi sistem kearsipan untuk siswa SMK/MAK kelas XI program keahlian Administrasi Perkantoran 2) mengetahui kelayakan modul yang telah dikembangkan melalui hasil validasi dan3) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan bahan ajar modul Kearsipan berbasis guided inquiry dengan siswa yang tidak menggunakan bahan ajar modul Kearsipan berbasis guided inquiry. Rancangan penelitian ini diadaptasi dari model 4-D oleh Thiagarajan S. Semmel D.S. Semmel M.I. tahun 1974 melalui empat langkah penelitian yaitu mendefinisikan (Define) merancang (Design) mengembangkan (Develop) dan menyebarluaskan (Disseminate). Validasi modul dilakukan oleh 1 orang dosen jurusan manejemen program studi administrasi perkantoran Universitas Negeri Malang sebagai validator ahli modul pembelajaran 1 orang guru mata pelajaran Kearsipan SMK Muhammadiyah 3 Singosari sebagai validator ahli materi dan dua puluh siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 3 Singosari sebagai validator user. Produk yang dikembangkan berupa modul pembelajaran Kearsipan pada materi sistem kearsipan dengan menggunakan model guided inquiry (inkuiri terbimbing). Kompetensi dasar yang dikembangkan oleh peneliti dalam modul ini adalah 1) menjelaskan sistem kearsipan dan 2) mempresentasikan sistem kearsipan yang berlaku. Sajian dan analisis data pada penelitian ini dibedakan menjadi empat aspek yaitu (1) aspek kelayakan isi (2) aspek kelayakan penyajian (3) aspek kelayakan bahasa dan (4) aspek kelayakan kegrafikaan. Berdasarkan penilaian pada keempat aspek tersebut diperoleh data bahwa modul ini termasuk kategori sangat valid dengan hasil persentase rata-rata uji validasi 91%. Pada efektivitas produk diperoleh data bahwa modul ini efektif digunakan ditinjau dari perbedaan rata-rata hasil belajar kelas sesudah dengan sebelum menggunakan modul yaitu 85 73 dengan 77 51 melalui uji t program SPSS. Saran bagi pengembangan lebih lanjut guru mata pelajaran Kearsipan disarankan untuk memanfaatkan modul berbasis guided inquiry ini sebagai alternatif penunjang pembelajaran Kearsipan pada materi sistem kearsipan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28935

Actions (login required)

View Item View Item