Pengaruh kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran pada siswa kelas X APK di SMKN 1 Boyolangu Kabupaten Tulungagung / Ayu Vicaningtyas Pramesti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran pada siswa kelas X APK di SMKN 1 Boyolangu Kabupaten Tulungagung / Ayu Vicaningtyas Pramesti

Pramesti, Ayu Vicaningtyas (2015) Pengaruh kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran pada siswa kelas X APK di SMKN 1 Boyolangu Kabupaten Tulungagung / Ayu Vicaningtyas Pramesti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pramesti Ayu Vicaningtyas. 2014. Pengaruh Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran pada Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran Di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung. Skripsi Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Wening Patmi Rahayu S.Pd. M.M (II) Hj. Madziatul Churiyah S.Pd. M.M. Kata kunci Kecerdasan Intelektual (IQ) Kecerdasan Emosional (EQ) dan Prestasi Belajar Kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional tidak dapat dipisahkan peranannya satu sama lain. IQ dan EQ adalah sumber sinergis yang saling melengkapi tanpa yang satu yang lain tidak sempurna. IQ hanyalah salah satu pendukung keberhasilan seseorang keberhasilan seseorang tergantung pada kemampuan menggabungkan IQ dan EQ. Begitu juga kaitannya dengan keberhasilan belajar siswa yang tercermin dalam prestasi belajar mata pelajaran administrasi perkantoran juga tidak lepas dari peranan kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh baik secara parsial maupun simultan kecerdasan intelektual (IQ) dan kecerdasan emosional (EQ) terhadap prestasi belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMKN 1 Boyolangu Tahun Ajaran 2013/2014 dengan jumlah populasi 167 siswa dan diambil sampel sebanyak 64 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment untuk uji validitas Alpha Cronbanch untuk uji reliabilitas dan regresi berganda untuk mengetahui pengaruh baik secara parsial maupun simultan dari variabel-variabel independen terhadap variabel dependennya. Hasil analisis data diketahui terdapat pengaruh antara kecerdasan intelektual (IQ) terhadap prestasi belajar mata pelajaran administrasi perkantoran dengan hasil analisis diketahui nilai thitung 3 360 dan kecerdasan emosional (EQ) terhadap prestasi belajar mata pelajaran administrasi perkantoran dengan hasil analisis diketahui nilai thitung 6 156. Terdapat pengaruh simultan antara kecerdasan intelektual (IQ) dan kecerdasan emosional (EQ) terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran administrasi perkantoran dengan hasil analisis regresi berganda menunjukkan nilai Adjusted R Square sebesar 0 480. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan pada siswa untuk mengambangkan kecerdasan emosional untuk meraih keberhasilan dengan cara melatih kemmapuan-kemampuan yang terkait dengan kecerdasan emosional. Bagi pihak sekolah hendaknya memperhatikan kedua kecerdasn yang dimiliki anak didik yakni IQ dan EQ. Untuk penelitian selanjutnya yang melakukan penelitian dengan topik yang sama diharapkan memperluas kajian faktor internal selain kecerdasan seperti bakat minat motivasi dan sikap.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28934

Actions (login required)

View Item View Item