Penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran (studi pada kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Turen Kabupaten Malang) / Muhammad Yusron Nafiuddin - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran (studi pada kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Turen Kabupaten Malang) / Muhammad Yusron Nafiuddin

Nafiuddin, Muhammad Yusron (2014) Penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran (studi pada kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Turen Kabupaten Malang) / Muhammad Yusron Nafiuddin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nafiuddin Muhammad Yusron. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran (Studi Pada Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Turen Kabupaten Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Heny Kusdiyanti S.Pd M.M. (II) Drs. Sarbini. Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) hasil belajar Pembelajaran yang bersifat tradisional menyebabkan siswa merasa bosan dalam belajar. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal. Terkait dengan model pembelajaran yang dirasa dapat melibatkan siswa untuk berperan aktif dan bekerjasama agar dapat memaksimalkan hasil belajar salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran Team Assisted Individualization. Rumusan masalah pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan model Team Assisted Individualization pada mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran (2) hasil belajar siswa setelah diterapkan model Team Assisted Individualization pada mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran (3) kegiatan siswa setelah diterapkan model Team Assisted Individualization pada mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas atau PTK yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X APK 3 yang berjumlah 35 siswa. Sumber data dikumpulkan melalui observasi wawancara catatan lapangan dokumentasi dan tes. Analisis data penelitian meliputi tiga hal (1) reduksi data (2) penyajian data dan (3) penarikan kesimpulan dilakukan pada saat awal sampai akhir pelaksanaan penelitian. Hasil penelitian ini diringkas (1) penerapan model Team Assisted Individualization telah dilakukan sesuai dengan RPP (2) hasil belajar siswa pada post test siklus I diperoleh rata-rata kelas 64 65 dan ketuntasan belajar 42 85%. Pada post test siklus II ketuntasan belajar diperoleh 88 57% dengan rata-rata kelas 80 71 dan (3) hasil kegiatan siswa diperoleh rata-rata kegiatan siswa pada siklus I sebesar 87 5% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 97 91%. Kesimpulan dari penelitian ini antara lain (1) penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization berjalan dengan baik dan sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran (2) hasil belajar siswa meningkat dari nilai ulangan harian ke post test siklus II dan (3) hasil kegiatan siswa meningkat dari siklus I ke siklus II. Saran yang dapat diberikan antara lain (1) bagi kepala sekolah dapat mendukung model pembelajaran kooperatif (2) guru dapat dijadikan salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran dan (3) peneliti berikutnya dapat melakukan kegiatan penelitian lebih lanjut untuk mengembangkan dan menerapkan model pembelajaran Team Assisted Individualization.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Nov 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28932

Actions (login required)

View Item View Item