Analisis tata ruang kantor di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 5 Kepanjen / Titah Arum Wahyuningdyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis tata ruang kantor di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 5 Kepanjen / Titah Arum Wahyuningdyah

Wahyuningdyah, Titah Arum (2014) Analisis tata ruang kantor di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 5 Kepanjen / Titah Arum Wahyuningdyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wahyuningdyah Titah Arum. 2014. Analisis Tata Ruang Kantor di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 5 Kepanjen. Skripsi Program Studi Pendidikan administrasi Perkantoran. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Suharto S.M. M.Pd. M.M . (2) Drs. Sarbini Kata kunci Tata Ruang Kantor 12288 12288 12288 12288 12288 Kantor merupakan pusat seluruh kegiatan pegawai dalam melaksanakan suatu pekerjaan. Dengan adanya pengaturan tata ruang kantor yang memenuhi standart atau memenuhi asas akan mendukung suatu pekerjaan selesai dengan baik dan lancar serta mudah untuk dicapai. Susunan ruang kantor yang tidak berdesak-desakan dan terkesan rapi serta faktor warna dan pencahayaan yang sesuai dengan ruang kerja dapat memunculkan semangat tersendiri bagi pegawai dalam menyelesaikan suatu pekerjaan dengan baik sehingga efisiensi dan efektifitas kerja akan terwujud dan tujuanpun akan dapat dengan mudah dicapai. Ditambah lagi dengan penataan tata ruang kantor dengan beberapa fasilitas yang mendukung. 12288 12288 12288 12288 12288 Dalam penelitian difokuskan pada (1) Bagaimana kondisi atau keadaan tata ruang kantor di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen (2) Bagaimana penataan perlengkapan mesin-mesin dan alat-alat kantor di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen (2) Bagaimana penerapan asas-asas tata ruang kantor di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen 12288 12288 12288 12288 12288 Penulis dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif Adapun tujuan dari penelitian deskriptif adalah untuk membuat deskripsi gambaran ataupun lukisan secara sistematis faktual dan akurat mengenai fakta-fakta sifat-sifat serta hubungan atau fenomena yang diselidki. Dengan demikian data yang dikumpulkan dalam peneliti ini yang diperoleh dari sumber data akan disusun kemudian di analisis dan dinterpretasikan serta di bandingkan dengan kriteria yang telah ditentukan sampai pada akhirnya disimpulkan dengan hasil penelitian. 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh tiga simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen masih kurang baik dalam menerapkan standarisasi yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan karena terdapat luas bangunan yang tidak hanya ditempati oleh SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen saja namun ada SD dan juga SMP yang berada pada satu lokasi atau satu lahan sehingga menyebabkan luas bangunan harus disesuaikan dengan bagunan lain dan luas lahan yang ada hal ini sudah di paparkan diatas mengenai standarisasi luas bangunan dan hasil di lapangan. 12288 12288 12288 12288 Kedua SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen sudah cukup baik dalam penataan perlengkapan dan mesin-mesin kantor hanya saja ada beberapa hal yang belum sesuai penataanya yakni mengenai gantungan jaket almari arsip yang berbeda letak yakni pada lantai 1 (satu) dan juga lantai 2 (dua) sehingga membuang waktu untuk melakukan pekerjaan tersebut. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Ketiga SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen telah menerapkan beberapa asas yakni asas jarak terpendek asas rangkaian kerja dan juga asas penggunaan segenap ruangan. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan penelitian ini disarankan yakni pertama Kendala yang ada dilapangan yang menyebabkan beberapa kekurangan mengenai tata ruang kantor adalah kurangnya ruang atau lahan yang ada peneliti menyarankan agar SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen membuat rencana kerja untuk tahun berikutnya untuk mengusulkan penambahan lahan atau pembangunan lokal/ruang ke Dinas Pendidikan sesuai kebutuhan sekolah tersebut. 12288 12288 12288 12288 12288 Kedua Melakukan pemantauan akan tersedianya peralatan perkatoran dan inventaris lainnya serta melakukan perawatan barang-barang inventaris keperluan perkantoran. 12288 12288 12288 12288 12288 Ketiga Penataan ruang dan letak ruang sudah baik dengan kondisi ruang yang ada namun masih ada kekurangan peneliti menyarankan agar beberapa teori penataan ruang kantor yang telah diuraikan peneliti diatas nantinya dapat diterapkan seiring dengan penambahan lokal/ruang demi terciptanya tata ruang kantor yang baik sehingga mendukung proses kerja dan kualitas output pekerjaan yang dihasilkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28929

Actions (login required)

View Item View Item