Pengaruh persepsi guru tentang gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi dan kinerja guru di SMK Wisnuwardhana Malang / Rizka Laili Maulidha - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi guru tentang gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi dan kinerja guru di SMK Wisnuwardhana Malang / Rizka Laili Maulidha

Maulidha, Rizka Laili (2014) Pengaruh persepsi guru tentang gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi dan kinerja guru di SMK Wisnuwardhana Malang / Rizka Laili Maulidha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Maulidha L. Rizka. 2014. Pengaruh Persepsi Guru tentang Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Motivasi dan Kinerja Guru di SMK Wisnuwardhana Malang. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Univaersitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Suharto S.Pd. M.M. (II) Hj. Madziatul Churiyah S.Pd. M.M. Kata Kunci Gaya Kepemimpinan Motivasi Guru Kinerja Guru Keberhasilan suatu sekolah pada dasarnya terletak pada gaya kepemimpinan yang dipakai oleh kepala sekolahnya. Setiap kepala sekolah mempunyai gaya kepemimpinan yang berbeda-beda. Menurut Mulyasa (2009 108) menjelaskan gaya kepemimpinan kepala sekolah adalah cara yang digunakan pemimpin dalam memengaruhi pengikutnya. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan kepala sekolah harus mampu meningkatkan kinerja para bawahannya. Uno dkk. (2012 63) mendefinisikan kinerja sebagai perilaku seseorang yang membuahkan hasil kerja tertentu setelah memenuhi sejumlah persyaratan . Banyak hal yang mempengaruhi kinerja seseorang salah satunya sebagai pemimpin harus memberikan motivasi yang dapat menyebabkan guru tergerak untuk melaksanakan tugasnya secara efektif dan tepat waktu. Penelitian ini dilakukan di SMK Wisnuwardhana Malang dengan metode eksploratif. Yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi guru tentang gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi dan kinerja guru di SMK Wisnuwardhana Malang. Adapun variabel dalam penelitian ini yaitu gaya kepemimpinan kepala sekolah (X) motivasi guru (Z) dan kinerja guru (Y). Populasi dan sampel penelitian ini adalah semua guru SMK Winsuwardhana Malang yang berjumlah 26 guru.Penelitian ini adalah penelitian populasi dimana semua populasi yang ada dijadikan sampel karena jumlahnya kurang dari 100. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif uji validitas dan reliabilitas dan analisis jalur (Path Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ada pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi guru dengan taraf signifikasi 0 002 0 05. Ada pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru dengan taraf signifikasi 0 011 0 05. Ada pengaruh motivasi guru terhadap kinerja guru dengan taraf signifikasi 0 009 0 05. Berdasarkan hasil penelitian dapat diberikan saran sebagai berikut 1) Bagi Kepala Sekolah dengan gaya kepemimpinan yang dimiliki kepala sekolah diharapkan selalu memberikan motivasi arahan dan bimbingan yang diberikan sehingga kinerja guru semakin meningkat dengan tujuan yang terlaksana secara bersama-sama. 2) Bagi Guru meningkatkan kinerja melalui prestasi kerja dengan adanya dorongan dari diri sendiri maupun dari pihak lain. Tidak menunggu untuk disemangati dahulu sebelum bekerja namun sudah harus ada komitmen dalam dirinya sehingga tugas dan kewajiban yang sudah ada bisa dikerjakan dengan baik dan benar. 3) Bagi Peneliti lebih banyak menambah variabel penelitian karena gaya kepemimpinan disini bisa dipengaruhi oleh banyak faktor. Lebih memperbanyak waktu observasi untuk mendapatkan hasil penelitian yang lengkap dan bermanfaat untuk kedepannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28928

Actions (login required)

View Item View Item