Analisis implementasi kurikulum 2013 SMK Program Keahlian Administrasi Perkantoran (APK) di Kota Malang / Ika Fitria Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis implementasi kurikulum 2013 SMK Program Keahlian Administrasi Perkantoran (APK) di Kota Malang / Ika Fitria Lestari

Lestari, Ika Fitria (2014) Analisis implementasi kurikulum 2013 SMK Program Keahlian Administrasi Perkantoran (APK) di Kota Malang / Ika Fitria Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lestari Ika Fitria. 2014. Analisis Implementasi Kurikulum 2013 SMK Program Keahlian Administrasi Perkantoran (APK) Di Kota Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs. Djoko Dwi K. M.Si. (II) Drs. I Nyoman Suputra M.Si. Kata Kunci Implementasi Kurikulum 2013. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Implementasi Kurikulum 2013 merupakan salah satu program dari pemerintah yang harus diberikan dan diterapkan oleh para pelaku pendidikan termasuk para guru. Dengan mengadakan sosialisasi kurikulum 2013 kepada pihak sekolah dan para guru diharapkan akan dapat memberikan pengetahuan yang banyak dan tujuan penerapan kurikulum2013 di sekolah tercapai. Dalam pelaksanaan kurikulum 2013 perlu adanya kerjasama semua pihak sekolah dan dukungan dari pemerintah sehingga penerapan kurikulum disekolah sampai dengan evaluasi berjalan dengan lancar. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan (1) untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi kurikulum 2013 SMK program keahlian administrasi perkantoran di Kota Malang. (2) untuk mendeskripsikan bagaiman peran para guru dalam implementasi kurikulum 2013 SMK program keahlian administrasi perkantoran di Kota Malang. (3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum 2013 SMK program keahlian administrasi perkantoran di Kota Malang. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa human instrument yaitu peneliti sendiri. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan perpanjangan penelitian dan triangulasi sumber. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data penyajian data penarikan kesimpulan dan verifikasi. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh kesimpulan sebagai berikut. (1) Implementasi kurikulum 2013 SMK program keahlian administrasi perkantoran di Kota Malang sudah berjalan lancar dan efektif hanya saja masih kurangnya dukungan pemerintah untuk sekolah yang bukan sasaran pelaksanaan kurikulum 2013 atau sekolah swasta. (2) Peran para guru dalam implementasi kurikulum 2013 yaitu dalam perencanaan pelaksanaan dan evaluasi proses pembelajaran dan memotivasi peserta didik untuk aktif dalam proses pembelajaran kurikulum 2013. (3) Faktor pendukung implementasi kurikulum 2013 para guru sudah mengerti penjelasan tentang kurikulum 2013 setealah mengikuti sosialisasi atau diklat sarana prasarana sekolah sudah memadai untuk penerapan kurikulum 2013. Dan faktor penghambat implementasi kurikulum 2013 informasi yang masih terbatas mengenai kurikulum 2013 kurangnya minat siswa untuk membaca dan keaktifan siswa Sumber belajar atau modul untuk mata pelajaran produktif administrasi perkantoran kurikulum 2013 yang belum ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28926

Actions (login required)

View Item View Item