Pengembangan media pembelajaran audio visual menggunakan Autoplay Media Studio untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada kelas X SMK Muhammadiyah 2 Malang mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran) / Ari Asmarani

Asmarani, Ari (2014) Pengembangan media pembelajaran audio visual menggunakan Autoplay Media Studio untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada kelas X SMK Muhammadiyah 2 Malang mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran) / Ari Asmarani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Asmarani, Ari. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Menggunakan Autoplay Media Studio Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Kelas X SMK Muhammadiyah 2 Malang Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Gatot Isnani, M.Si., (II) Dr. Wahju Wibowo, A.Md., S.E, M.Si. Kata Kunci: media pembelajaran audio visual, autoplay media studio, hasil belajar &#12288;&#12288;&#12288;&#12288;Media pembelajaran memiliki peran penting pada proses belajar mengajar di dalam kelas. Media pembelajaran membantu seorang guru dalam menyampaikan materi. Selain itu penggunaan media pembelajaran yang tepat dan inovatif dapat membantu siswa memahami materi yang disampaikan dengan mudah. Pada mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran media yang digunakan berupa buku modul dan power point saja. Perlu adanya inovasi dalam penggunaan media pembelajaran agar materi yang disampaikan dapat mudah dipahami dan juga siswa lebih termotivasi untuk mempelajari materi lebih lanjut. Media pembelajaran audio visual dibuat dengan menggunakan aplikasi Autoplay Media Studio. Tujuan penelitian untuk (1) menghasilkan media pembelajaran yang baik serta telah mendapat validasi dan digunakan pada mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran kelas X, (2) mengetahui efektivitas dari media pembelajaran audio visual yang dikembangkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, (3) mengetahui hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran setelah menggunakan media pembelajaran audio visual. &#12288;&#12288;&#12288;&#12288;Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran audio visual berbasis Autoplay Media Studio yang dikembangkan oleh Sugiyono dengan tahapan: (1) potensi dan masalah, (2) mengumpulkan informasi, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) perbaikan desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, dan (10) produk akhir. Validator media terdiri dari dua ahli materi dan juga dua ahli media. Subyek uji coba lapangan ialah siswa SMK Muhammadiyah 2 Malang kelas X jurusan Administrasi Perkantoran, Akuntansi, Pemasaran, dan jurusan Perbankan Syariah yang berjumlah 52 siswa. &#12288;&#12288;&#12288;&#12288;Hasil dari penelitian ini antara lain: (1) hasil pengembangan media pembelajaran berupa media pembelajaran audio visual berbasis Autoplay Media Studio, dengan hasil validasi ahli materi, ahli media serta validasi pengguna menyatakan media valid/sangat efektif, (2) hasil media pembelajaran yang dikembangkan efektif untuk diterapkan, karena mampu meningkatkan hasil belajar siswa, (3) hasil belajar siswa yang dilihat dari hasil pre test dan post test menunjukkan perbedaan (3) hasil analisis data dari hasil belajar siswa melalui paired sample t-test memperoleh nilai ÔÇôt hitung< ÔÇôt tabel menyatakan Ho ditolak dan menyatakan hasil belajar siswa yang dilihat dari hasil pre test dan post test menunjukkan perbedaana antara sebelum dan sesedah penggunaan media. &#12288;&#12288;&#12288;&#12288; Saran pemanfaatan media pembelajaran audio visual berbasis Autoplay Media Studio antara lain: (1) sebelum menggunakan media pembelajaran, pastikan LCD proyektor sudah diatur dengan baik agar media dapat ditampilkan dengan jelas, (2) pada pembelajaran menggunakan media pembelajaran audio visual pastikan sudah tersedia speaker agar siswa dapat mendengarkan sound pada media pembelajaran dengan baik, (3) pastikan software dan hardware komputer mendukung untuk membuka komponen media pembelajaran audio visual secara keseluruhan, (4) saat penggunaan media pembelajaran audio visual di dalam kelas, guru harus mengawasi siswa agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Untuk pengembangan lebih lanjut media pembelajaran ini antara lain: (1) peneliti selanjutnya diharapkan untuk memasukkan lebih banyak multimedia yang bervariasi agar siswa lebih semangat dan termotivasi untuk belajar, (2) peneliti selanjutnya dapat menambahkan komponen lain seperti animasi pembuka yang lebih menarik serta video tutorial bagi siswa, (3) peneliti selanjutnya dapat menambahkan setting untuk mengubah ukuran tampilan media agar lebih fleksibel seperti maximize, minimize, dan full screen guna mempermudah siswa dalam menggunakan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28925

Actions (login required)

View Item View Item