Penerapan pembelajaran kooperatif model Teams Game Tournament (TGT) dengan media puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa (pada standar kompetensi manajemen perkantoran pada siswa kelas X APK SMK Ardjuna 1 Malang) / Vita Dwi Ariska - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model Teams Game Tournament (TGT) dengan media puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa (pada standar kompetensi manajemen perkantoran pada siswa kelas X APK SMK Ardjuna 1 Malang) / Vita Dwi Ariska

Ariska, Vita Dwi (2014) Penerapan pembelajaran kooperatif model Teams Game Tournament (TGT) dengan media puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa (pada standar kompetensi manajemen perkantoran pada siswa kelas X APK SMK Ardjuna 1 Malang) / Vita Dwi Ariska. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dwi Ariska Vita. 2014. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Teams Game Tournament (TGT) dengan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Pada Standar Kompetensi Manajemen Perkantoran Pada Siswa Kelas X APK SMK ARDJUNA 1 Malang). Skripsi. Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Suharto S.M. M.Pd. M.M (II) Drs. I Nyoman Saputra M.Si. Kata Kunci Model Pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) Puzzle Hasil Belajar. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) dengan media Puzzle untuk mengetahui model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) dengan media Puzzle dapat meningkatkan hasil belajar untuk mengetahui apa saja hambatan sekaligus solusi dalam pelaksanaan pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) untuk mengetahui respon siswa kelas X Jurusan APK SMK ARDJUNA 1 Malang terhadap proses pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) dengan media Puzzle. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X APK SMK ARDJUNA 1 Malang tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah 29 orang siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi wawancara tes angket catatan lapangan dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) dengan media Puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini berdasarkan pada siklus I hasil belajar rata-rata siswa adalah 65 5% dan mengalami peningkatan sebesar 23 menjadi 79 3% pada siklus II. Disamping itu ada juga hambatan dari penerapan model pembelajaran TGT ini dikarenakan model pembelajaran TGT merupakan hal baru bagi siswa siswa masih ada yang ramai pada awal siklus I dan beberapa siswa ada yang tidak mempunyai modul. Penerapan model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) banyak mendapatkan respon sangat positif yang dapat dilihat dari hasil angket respon siswa. Saran yang direkomendasikan terkait dengan hasil penelitian ini adalah sebelum pelajaran dimulai sebaiknya guru menjelaskan secara rinci mengenai model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) dengan media Puzzle yang akan diterapkan pada siswa hendaknya guru mempersiapkan modul atau ringkasan materi (handout) yang akan diajarkan dalam hal pembagian kelompok sebaiknya guru membagi siswa dalam kelompok yang dibentuk secara heterogen guru membeimbing dan mengarahkan ketika diskusi berlangsung dalam penelitian selanjutnya diharapkan penerapan pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) bukan hanya pada mata pelajaran Manajemen Perkantoran saja tetapi juga pada mata pelajaran lain yang relevan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28924

Actions (login required)

View Item View Item