Pengaruh tingkat pendidikan, pendapatan orang tua dan hubungan sosial keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen / Fahny Fahmajiri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh tingkat pendidikan, pendapatan orang tua dan hubungan sosial keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen / Fahny Fahmajiri

Fahmajiri, Fahny (2014) Pengaruh tingkat pendidikan, pendapatan orang tua dan hubungan sosial keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen / Fahny Fahmajiri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fahmajiri Fahny. 2014. Judul Pengaruh tingkat pendidikan pendapatan orang tua dan hubungan sosial keluarga terhadap prestasi belajar siswa SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen . Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. (I) Dr. Heny Kusdiyanti S.Pd. M.M. (II) Drs. Sarbini Kata kunci Tingkat Pendidikan Orang Tua Tingkat Pendapatan Orang Tua Hubungan Sosial Keluarga Prestasi Belajar Pendidikan adalah suatu hal yang dibutuhkan oleh semua orang. Dengan pendidikan pula kita dapat meraih semua cita-cita yang kita ingin capai sebelumnya prestasi belajar adalah indikator peningkatan kualitas pendidikan yang kita miliki untuk mencapai cita-cita yang kita inginkan. Secra garis besar ada dua faktor yang mempengaruhi prestasi belajar yaitu terdiri dari faktor eksternal dan internal. Tingkat pendidikan pendapatan orang tua dan hubungan sosial keluarga adalah salah satu faktor dari kedua faktor dari kedua faktor yang mungkin dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam menguji hipotesis. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Muhammmadiyah 5 Kepanjen yang berjumlah 226 siswa sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 60 siswa dengan metode pengambilan sampel adalah proporsional random sampling. Metode pengambilan data yang digunakan adalah angket dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasil pengujian dapat diketahui bahwa tingkat pendidikan orang tua tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini terjadi karena para orang tua siswa dengan berpendidikan rendah sudah sadar akan pentingnya pendidikan anak sehingga mereka ingin anaknya lebih baik dari pda mereka. Sejalan dengan itu tingkat pendapatan orang tua juga tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini dikarenakan motivasi anak yang besar dari dalam diri mereka untuk merubah status sosial ekonomi keluarga mereka ke arah yang lebih baik lagi. Sedangkan hubungan sosial keluarga berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Hasil pengujian berikutnya yaitu semua variabel bebas tingkat pendidikan pendapatan orang tua dan hubungan sosial keluarga secara simultan tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK Muhamadiyah 5 Kepanjen. Jadi dapat disimpulkan bahwa tingkat pendidikan dan pendapatan orang tua tidak berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap prestasi belajar siswa sedangkan hubungan sosial keluarga hanya berpengaruh secara parsial saja terhadap prestasi belajar siswa. Hasil ini didapat dari analisis uji t dan f menggunakan spss 16.0 for windows dan juga didukung teori-teori serta penelitian terdahulu. Saran dalam penelitian ini adalah (1) Bagi orang tua siswa meningkatkan pendidikan dan pengetahuan agar dapat membimbing anaknya dengan baik (2) Bagi siswa lebih memotivasi diri sendiri untuk mencapai prestasi yang lebih baik lagi (3) Bagi peneliti selanjutnya agar menambahkan variabel prediktor lain yang diduga juga berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28922

Actions (login required)

View Item View Item