Ferianis, Santi (2014) Pengaruh persepsi mahasiswa tentang sarana dan prasarana laboratorium administrasi perkantoran terhadap motivasi berprestasi mahasiswa (studi pada mahasiswa peserta mata kuliah praktikum perkantoran semester gasal tahun ajaran 2013/2014) / Santi Ferianis. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Ferianis Santi. 2014. Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Sarana dan Prasarana Laboratorium Administrasi Perkantoran Terhadap Motivasi Berprestasi Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Peserta Mata Kuliah Praktikum Perkantoran Semester Gasal Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. I Nyoman Saputra M.Si (2) Afwan Hariri Agus Prohimi S.E. M.M Kata kunci sarana dan prasarana laboratorium motivasi berprestasi Sarana dan prasarana merupakan faktor penting yang harus ada di setiap organisasi. Bagi organisasi pemerintah maupun swasta sarana dan prasarana menjadi kebutuhan yang harus ada setiap kegiatan dilangsungkan. Dengan adanya sarana dan prasarana yang mendukung proses pembelajaran praktikum dapat mempengaruhi motivasi mahasiswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel yang mempengaruhi motivasi berprestasi mahasiswa. Penelitian ini mempunyai 2 (dua) variabel yaitu variabel bebas (X) adalah sarana dan prasarana laboratorium administrasi perkantoran dan variabel terikat (Y) adalah motivasi berprestasi. Penelitian ini merupakan penelitian regresi sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa peserta mata kuliah praktikum perkantoran semester gasal tahun ajaran 2013/2014. Sampel dalam penelitian ini adalah 93 responden. Sampel diambil dengan menggunakan teknik rumus slovin. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Persepsi mahasiswa tentang sarana dan prasarana di laboratorium administrasi perkantoran tergolong cukup baik dibuktikan dengan skor rata-rata keseluruhan pada variabel X berdasarkan penilaian mahasiswa diperoleh skor 61 12 yang termasuk dalam rentangan skor 48-62 yaitu dalam klasifikasi cukup setuju atau cukup baik. (2) Motivasi berprestasi mahasiswa peserta mata kuliah praktikum perkantoran semester gasal tahun ajaran 2013/2014 dikategorikan termotivasi tinggi dibuktikan dengan skor rata-rata keseluruhan pada variabel Y berdasarkan penilaian mahasiswa diperoleh skor rata-rata 31 34 yang termasuk dalam rentangan skor 29-35 dan dalam klasifikasi setuju atau termotivasi tinggi. (3) Ada pengaruh positif antara sarana dan prasarana laboratorium administrasi perkantoran terhadap motivasi berprestasi dengan nilai thitung 4 027 dan signifikasi 0 000 R 0 389 R2 0 151. Saran yang dapat diberikan berkaitan dengan temuan yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian ini adalah (1) Dalam upaya meningkatkan motivasi berprestasi mahasiswa sarana diantaranya yaitu alat pelajaran (buku modul dan lembar kerja) perlu disediakan untuk mahasiswa yang melakukan praktikum. Selain itu alat peraga (komputer telepon fax dan lainnya) harus segera dilakukan peremajaan. Media pengajaran (LCD) harus diberikan pemeliharaan secara rutin agar tidak terdapat kendala sebelum melakukan praktikum. (2) Agar motivasi berprestasi mahasiswa meningkat juga harus didukung dengan keadaan prasarana seperti luas ruangan yang harus diperluas untuk kenyamanan praktik kebersihan yang harus lebih ditingkatkan AC yang harus diperbaiki untuk kebaikan sirkulasi udara instalasi listrik yang harus diberikan tambah daya agar tidak sering padam serta perabot kantor (meja dan kursi) yang sudah saatnya dilakukan peremajaan. (3) Demi kenyamanan kegiatan di laboratorium dan membantu kelancaran dalam melaksanakan praktikum agar dilakukan pemeliharaan sarana dan prasarana laboratorium secara rutin sehingga saat akan digunakan praktikum tidak ada sarana dan prasarana yang rusak. (4) Bagi peneliti selanjutnya yang melakukan penelitian yang serupa hendaknya melakukan penelitian lebih mendalam yaitu dengan menambah referensi dan rujukan serta memberikan fakta-fakta yang belum terungkap di penelitian ini sehingga dapat memberikan penemuan baru di kemudian hari.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Aug 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28919 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |