Manajemen laboratorium ICT sebagai sarana pembelajaran Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak kelas X di SMK Negeri 4 Malang / Fitria Dhinna Kesumawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen laboratorium ICT sebagai sarana pembelajaran Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak kelas X di SMK Negeri 4 Malang / Fitria Dhinna Kesumawati

Kesumawati, Fitria Dhinna (2014) Manajemen laboratorium ICT sebagai sarana pembelajaran Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak kelas X di SMK Negeri 4 Malang / Fitria Dhinna Kesumawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kesumawati Fitria Dhinna. 2014. Manajemen Laboratorium ICT sebagai sarana pembelajaran Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak kelas X di SMK Negeri 4 Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Administrasi Perkatoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Wasiti S.Sos M.Si (2) Dr.Heny Kusdiyanti S.Pd M.M Kata Kunci Laboratorium ICT Manajemen Sarana Pembelajaran 12288 12288 12288 12288 Laboratorium ICT adalah laboratorium yang digunakan untuk kegiatan praktek dalam mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi sehingga dapat menunjang pembelajaran yang membutuhkan akses internet. Tujuan laboratorium yaitu sebagai tempat untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memanfaatkan komputer sebagai media pembelajaran dan dapat memberi sumbangan bagi pendidikan dengan cara memberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan para siswa di bidang komputer. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang manajemen laboratorium ICT yaitu (1) Perencanaan (2) Pengorganisasian (3) Pengelolaan (4) Evaluasi dan (5) Hambatan-hambatan serta solusi yang ditemui dalam penggunaan laboratorium ICT di SMK Negeri 4 Malang. 12288 12288 12288 12288 Peneliti menggunakan pendekatan desktiptif dengan jenis penelitian studi kasus. Kehadiran peneliti sebagai key instrument. Prosedur pengumpulan data dengan wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data display data dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data temuan penelitian dan pembahasan hasil dari penelitian ini yaitu (1) Perencanaan laboratorium ICT di SMK Negeri 4 Malang yaitu (a).Perencanaan tata ruang yang menggunakan asas tata ruang jarak terpendek yang meletakkan barang dengan saling berdekatan. (b) Posisi yang strategis membuat terhindar dari gangguan suara-suara mesin.(c) Warna dinding menggunakan warna yang terang yaitu warna krem. (d) Pengaturan udara dipasang beberapa AC.(e) Cahaya yang dipakai yaitu cahaya tidak langsung.(f) Pengadaan sarana dan prasarana juga dipertimbangkan dengan baik. Jumlah komputer yang ada di laboratorium ICT sudah memenuhi dengan jumlah siswanya 39 orang siswa. (2) Pengorganisasiannya dikelola oleh Kaprokal Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (3) Pengelolaannya dikelola oleh Guru IT siswa serta teknisi laboratorium (4) Hasil evaluasi menunjukkan bahwa fasilitas yang tersedia dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para siswa dan Guru dengan bukti jumlah komputer dan juga fasilitas yang memadai dengan jumlah siswa (5) Hambatan-Hambatan yang ditemui yaitu (a)kurangnya stopcontact (b)lambatnya koneksi internet (c)lambatnya persetujuan pengadaan barang Solusinya yaitu (a) siswa membawa stopcontact sendiri (b) siswa membawa modem (c) siswa banyak yang membawa laptop untuk pembelajaran di Laboratorium

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28918

Actions (login required)

View Item View Item