Implementasi pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bekerjasama dengan kolega dan pelanggan (studi pada siswa kelas XAPK 2 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Malang) / Yuli Anjar Wati - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bekerjasama dengan kolega dan pelanggan (studi pada siswa kelas XAPK 2 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Malang) / Yuli Anjar Wati

Wati, Yuli Anjar (2014) Implementasi pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bekerjasama dengan kolega dan pelanggan (studi pada siswa kelas XAPK 2 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Malang) / Yuli Anjar Wati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wati Yuli Anjar. 2014. Implementasi Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bekerjasama dengan Kolega dan Pelanggan (Studi Pada Siswa Kelas X APK 2 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Malang . Skripsi Program Studi Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Djoko Dwi Kusumajanto M.Si (II) Hj. Madziatul Churiyah S.Pd. M.M Kata Kunci pembelajaran kooperatif model Think Pair Share aktivitas belajar hasil belajar Hasil observasi dan wawancara pada hari Jumat 17 Januari 2014 dengan guru mata pelajaran Bekerjasama dengan Kolega dan Pelanggan Kelas X APK 2 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Malang didapat informasi bahwa dalam pembelajaran mata pelajaran Bekerjasama dengan Kolega dan Pelanggan di kelas terdapat beberapa masalah diantaranya adalah (1) tidak semua siswa mengikuti penjelasan guru namun siswa enggan untuk bertanya (2) siswa selama mengikuti proses belajar cenderung pasif dalam menyampaikan pendapat dan menerima apa yang disampaikan guru apa adanya tanpa ada upaya untuk mencari dan mendalami sendiri materi yang disampaikan (3) siswa masih cenderung belajar dengan cara menghafal materi (4) siswa kurang termotivasi ketika mengikuti kegiatan belajar di kelas hal tersebut dapat diketahui dari kondisi siswa yang berbicara sendiri pada temannya saat guru menjelaskan materi. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan peneliti untuk menerapkan model pembelajaran Think Pair Share dalam rangka meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran Bekerjasama dengan Kolega dan Pelanggan kelas X APK 2 di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Malang (2) meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas X APK 2 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Malang melalui model pembelajaran Tink Pair Share (TPS) (3) meningkatkan hasil belajar siswa kelas X APK 2 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Malang melalui model pembelajaran Tink Pair Share (TPS). Untuk mencapai maksud tersebut maka metode penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X APK 2 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Malang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah catatan lapangan wawancara dokumentasi tes observasi paparan data dan penarikan kesimpulan. Analisis data untuk mengetahui aktivitas belajar dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan lembar observasi. Sedangkan untuk hasil belajar diukur dengan tes. Pelaksanaan penelitian pada masing-masing siklus (siklus I II) meliputi perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa implementasi pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan pada aktivitas belajar siswa yang diukur dari keaktifan siswa setiap siklusnya mengalami peningkatan pada siklus I 79 76% dan siklus II 95 24% peningkatannya mencapai 15 48%. Dan pada ranah kognitif yang diukur dari nilai pre test dan Post Test siswa pada siklus I meningkat yaitu sebelum diberikan tindakan sebesar 30 77% dan sesudah diberikan tindakan sebesar 79 5%. Begitu juga dengan siklus II sebelum diberikan tindakan sebesar 17 95% dan sesudah diberikan tindakan sebesar 87 18%. Nilai Post Test pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan yaitu 7 68%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan (1) penerapan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Malang sangat efektif (2) model pembelajaran TPS dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas X APK 2 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Malang (3) model pembelajaran TPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X APK 2 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Malang. Bagi Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Malang pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan pengembangan stratetgi pembelajaran yang inovatif bagi mata pelajaran lain sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Malang. Bagi guru mata pelajaran bekerjasama dengan kolega dan pelanggan disarankan untuk menerapkan model-model pembelajaran salah satunya pembelajaran kooperatif model Think Pair Share untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa tentunya harus disesuaikan dengan karakteristik kelas dan materi yang akan diajarkan pada siswa. Bagi siswa seharusnya siswa lebih memperhatikan saat guru menjelaskan materi ataupun model pembelajaran supaya tidak bingung pada saat guru menerapkan model pembelajaran. Bagi peneliti selanjutnya model pembelajaran ini mungkin bisa diterapkan pada mata pelajaran lain ataupun pada pelajaran yang sama di sekolah lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28917

Actions (login required)

View Item View Item