Pengaruh pengalaman praktek kerja industri terhadap kesiapan bekerja siswa kelas XII SMK Ardjuna 1 Malang tahun ajaran 2013/2014 / Claudia Kartika Novia Andini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pengalaman praktek kerja industri terhadap kesiapan bekerja siswa kelas XII SMK Ardjuna 1 Malang tahun ajaran 2013/2014 / Claudia Kartika Novia Andini

Andini, Claudia Kartika Novia (2014) Pengaruh pengalaman praktek kerja industri terhadap kesiapan bekerja siswa kelas XII SMK Ardjuna 1 Malang tahun ajaran 2013/2014 / Claudia Kartika Novia Andini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Andini Claudia Kartika N. 2014. Pengaruh Pengalaman Praktek Kerja Industri terhadap Kesiapan Bekerja Siswa Kelas XII SMK Ardjuna 1 Malang Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mohammad Arief M.Si (II) Dr. Heny Kusdiyanti S.Pd M.M. Kata Kunci Pengalaman Praktek Kerja Industri dan Kesiapan Bekerja Pengalaman adalah tingkat penguasaan individu baik keterampilan atau pengetahuan yang dimiliki oleh individu yang dapat diukur dari masa kerja. Dalam dunia pendidikan kejuruan pengalaman itu sendiri didapatkan melalui program praktek kerja industri. Praktek kerja industri ini wajib diikuti oleh seluruh siswa yang menempuh pendidikan kejuruan. Prakerin membuat siswa mengenal lebih banyak tentang dunia industri mampu mengembangkan kemampuan komunikasi serta mengeksplorasi keadaan tempat bekerja dengan lingkungan yang menunjang keterampilan mereka. Sehingga mereka menjadi lebih tahu dan siap dengan keadaan dunia kerja yang sesungguhnya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII jurusan Administrasi Perkantoran Akuntansi Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Ardjuna 1 Malang tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelirian yang digunakan adalah penelitian eksplanasi. Variabel penelitian antara lain pengalaman prakerin meliputi beberapa sub variabel yaitu variabel disiplin waktu siswa (X1) kemauan dan motivasi kerja siswa (X2) kualitas kerja siswa (X3) inisiatif kerja siswa (X4) dan perilaku kerja siswa (X5) dan kesiapan bekerja siswa (Y) Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa (1) Pengaruh displin waktu siswa (X1) terhadap kesiapan bekerja siswa (Y) diperoleh hasil signifikan sebesar 0 005 945 0 05. (2) Pengaruh kemauan dan motivasi kerja siswa (X2) terhadap kesiapan bekerja siswa (Y) diperoleh hasil signifikan sebesar 0 000 945 0 05. (3) Pengaruh kualitas kerja siswa (X3) terhadap kesiapan bekerja siswa (Y) diperoleh hasil signifikan sebesar 0 009 945 0 05. (4) Pengaruh inisiatif kerja siswa (X4) terhadap kesiapan bekerja siswa (Y) diperoleh hasil signifikan sebesar 0 000 945 0 05. (5) Pengaruh perilaku kerja siswa (X5) terhadap kesiapan bekerja siswa (Y) diperoleh hasil signifikan sebesar 0 028 945 0 05. (6) Pengaruh disiplin waktu siswa (X1) kemauan dan motivasi kerja siswa (X2) kualitas kerja siswa (X3) inisiatif kerja siswa (X4) perilaku kerja siswa (X5) terhadap kesiapan bekerja siswa (Y) diperoleh hasil signifikan sebesar 0 000 945 0 05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) displin waktu siswa berpengaruh secara parsial terhadap kesiapan bekerja siswa. (2) kemauan dan motivasi kerja siswa berpengaruh secara parsial terhadap kesiapan bekerja siswa. (3) kualitas kerja siswa berpengaruh secara parsial terhadap kesiapan bekerja siswa. (4) inisiatif kerja siswa berpengaruh secara parsial terhadap kesiapan bekerja siswa. (5) perilaku kerja siswa berpengaruh secara parsial terhadap kesiapan bekerja siswa. (6) disiplin waktu siswa kemauan dan motivasi kerja siswa kualitas kerja siswa inisiatif kerja siswa perilaku kerja siswa memiliki pengaruh secara simultan terhadap kesiapan bekerja siswa. Disarankan agar guru pendamping prakerin sering melakukan pengawasan kepada peserta didiknya yang tersebar di perusahaan-perusahaan terkait. Hal ini dilakukan supaya kegiatan prakerin berjalan sesuai dengan job description yang relevan dengan jurusan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28916

Actions (login required)

View Item View Item