Persepsi guru tentang implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dan kurikulum 2013 di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen-Malang - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi guru tentang implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dan kurikulum 2013 di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen-Malang

Devi, Novita (2014) Persepsi guru tentang implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dan kurikulum 2013 di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen-Malang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Devi Novita. 2014. Judul Persepsi Guru tentang Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Kurikulum 2013 di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen . Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. (I) Dr. Heny Kusdiyanti S.Pd. M.M. (II) Drs. Mohammad Arief M.Si Kata kunci Persepsi guru Implementasi KTSP Kurikulum 2013 Persepsi guru adalah sebuah pandangan tanggapan dari guru yang diperoleh dengan melibatkan pengalaman kemudian menyimpulkan dan menafsirkan pesan untuk menciptakan konsep atau gambaran dari permasalahan. Implementasi KTSP adalah penerapan/pengaplikasian KTSP di dalam pembelajaran. Kurikulum 2013 merupakan penyempurnaan dari KTSP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi guru tentang Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan persiapan guru dalam penerapan Kurikulum 2013 yang berfokus pada implementasi pengembangan penghambat pendukung upaya mengatasi hambatan KTSP dan Kurikulum 2013 dan persiapan guru dalam penerapan Kurikulum 2013. Penelitian dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen dengan subyek penelitian guru. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan jenis data kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi partisipatif wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk tingkat keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan keajegan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah persepsi guru tentang Implementasi pengembangan komponen KTSP sudah sesuai dengan prinsip-prinsip pengembangan komponen yang sudah tertulis di KTSP sedangkan pengembangan komponen Kurikulum 2013 masih belum bisa mengembangkan komponen secara baik persepsi guru tentang faktor penghambat dan faktor pendukung KTSP dan Kurikulum 2013 terdiri dari faktor internal faktor eksternal kesiapan guru serta faktor biaya untuk penerapannya persepsi guru tentang upaya untuk mengatasi hambatan yang terjadi dalam Implementasi KTSP dan Kurikulum 2013 adalah diperlukan adanya suatu motivasi dari guru kepada setiap siswa guru dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menghadapi perubahan yang terjadi dalam proses pembelajaran serta adanya sosialisasi mengenai konsep-konsep dasar dan pemahaman tentang Kurikulum 2013 dan persepsi guru dalam persiapan penerapan Kurikulum 2013 sudah cukup baik. Saran dalam penelitian ini adalah pihak sekolah dan guru hendaknya lebih memperhatikan kompetensi dan kesiapan guru dalam hal penerapan kurikulum seperti menyusunan RPP dan perlu adanya sosialisasi mengenai Kurikulum 2013 yang berkelanjutan dalam hal ini sosialisasi secara teknisnya seperti pengembangan komponen evaluasi dan penilaian pembelajaran guna kesiapan guru dalam penerapan Kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28913

Actions (login required)

View Item View Item