Implementasi pengelolaan kearsipan pada unit arsip Universitas Negeri Malang / Eva Rizky Maulidyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pengelolaan kearsipan pada unit arsip Universitas Negeri Malang / Eva Rizky Maulidyah

Maulidyah, Eva Rizky (2014) Implementasi pengelolaan kearsipan pada unit arsip Universitas Negeri Malang / Eva Rizky Maulidyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Maulidyah Eva Rizky. 2014. Judul Implementasi Pengelolaan Kearsipan pada Unit Arsip Universitas Negeri Malang . Skripsi Jurusan Manajemen S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Malang. (I) Dra. Wasiti S.Sos. M.Si (II) Dr. Wahju Wibowo A.Md. S.E. M.Si Kata kunci pengelolaan kearsipan Arsip adalah kumpulan dokumen yang disimpan secara sistematis yang mempunyai peran penting yakni sebagai alat pengingat. Arti penting arsip bukan menjadi alasan untuk menyimpan seluruh arsip yang dimiliki oleh suatu instansi. Hanya yang benar-benar memiliki nilai guna yang tinggi perlu untuk disimpan secara permanen. Apabila arsip yang diperlukan ditemukan dalam waktu yang relatif cepat dan tepat maka pengelolaan sistem arsip dikatakan baik atau efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengelolaan sistem kearsipan. Fokus penelitian mencakup (1) azas penyimpanan arsip (2) sistem penyimpanan arsip (3) jenis arsip yang disimpan (4) fasilitas kearsipan (5) pemeliharaan dan perawatan (6) efektifitas penemuan kembali arsip (7) penyusutan arsip. Penelitian dilaksanakan di Unit Arsip Universitas Negeri Malang beralamat di Jalan Semarang No.5 Malang yang merupakan pusat penyimpanan arsip dalam lingkup Universitas. Subjek dalam penelitian ini adalah arsiparis yang berjumlah 3 orang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara dokumentasi serta tes kecepatan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskripsi. Hasil penelitian ini adalah (1) Azas penyimpanan arsip yang digunakan adalah azas gabungan (kombinasi azas sentralisasi dan desentralisasi). (2) Sistem penyimpanan arsip yang digunakan adalah sistem variatif dari subjek berkode wilayah serta abjad. (3) Jenis arsip yang disimpan adalah arsip aktif yang berasal dari Subag Tata Usaha arsip in aktif yang berasal dari unit kerja serta arsip statis. (4) Fasilitas kearsipan yang tersedia yaitu mobilling almari kaca rotary arsip almari besi masterplan almari besi foto almari kayu filling cabinet komputer scanner laptop printer kereta dorong. (5) Perawatan dilakukan dengan cara pengaturan ruangan yang terdiri dari tata letak ruangan ventilasi udara secukupnya serta kebersihan ruangan yang harus selalu diperhatikan. (6) Efektifitas penemuan kembali arsip menunjukkan angka 0% yang berarti tidak ada arsip yang tidak dapat ditemukan sedangkan angka efisiensi arsip adalah 50 1 detik. (7) Penyerahan arsip dilakukan dari unit kerja ke unit satuan kerja atau unit kearsipan universitas. Sedangkan pemusnahan dilakukan dengan pencacahan arsip yaitu mencacah atau memotong arsip dengan menggunakan mesin pemotong kertas. Saran yang diberikan kepada arsiparis adalah diperlukannya penambahan petugas kearsipan untuk meringankan beban tugas yang dijalankan selama ini serta penataan ruangan yang lebih kondusif untuk menjaga arsip yang bertumpuk agar tidak berserakan dimana-mana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28912

Actions (login required)

View Item View Item