Irawan, Suryo (2014) Pengaruh motivasi dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen tahun ajaran 2013/2014 / Suryo Irawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Irawan Suryo. 2014. Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Wahju Wibowo A.Md. S.E M.Si (II) Handri Dian Wahyudi S.Pd. M.Sc. Kata Kunci Pengaruh Motivasi Lingkungan Belajar Hasil Belajar Hasil belajar merupakan salah satu tolok ukur keberhasilan siswa selama mengikuti kegiatan belajar pembelajaran. Banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar salah satunya yaitu motivasi. Motivasi adalah suatu dorongan yang timbul untuk melakukan suatu tujuan tertentu. Motivasi bisa muncul dari diri sendiri maupun orang lain. Selain itu lingkungan belajar juga ikut andil dalam menentukan hasil belajar siswa. Lingkungan belajar dibagi menjadi tiga yaitu lingkungan keluarga sekolah dan masyarakat. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. (3) Ada pengaruh signifikan antara motivasi dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 221 siswa. Sampelnya berjumlah 44 siswa dengan menggunakan teknik proportional random sampling . Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelatif dengan teknik regresi linier berganda. Variabel penelitian meliputi motivasi belajar siswa (X1) lingkungan belajar (X2) dan hasil belajar (Y). Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) motivasi belajar yang sangat tinggi sebesar 75% tinggi sebesar 25%. (2) Lingkungan belajar berpengaruh terhadap hasil belajar yang masuk kriteria tinggi sebesar 97 73% dan rendah sebesar 2 27%. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa (1) pengaruh motivasi belajar (X1) terhadap hasil belajar (Y) diperoleh nilai signifikansi sebesar 0 020 945 0 05. (2) Pengaruh lingkungan belajar (X2) terhadap hasil belajar (Y) diperoleh nilai signifikansi sebesar 0 042 945 0 05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. (2) Lingkungan belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. (3) Motivasi dan Lingkungan Belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28910 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |