Ikhsan, Andromeda Permana (2014) Pengembangan media pembelajaran e-learning menggunakan moodle pada standart kompetensi mengelola peralatan kantor untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X administrasi perkantoran di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen / Andromeda Permana Ikhsan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Ikhsan A. Permana. 2014. Menggunakan Moodle Pengembangan Media Pembelajaran E-LearningPada Standar Kompetensi Mengelola Peralatan Kantor Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran Di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Skripsi Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Heny Kusdiyanti S.Pd M.M (2) Drs. Mohammad Hari M.Si Kata Kunci Media Pembelajaran E-Learning Motivasi Belajar Hasil Belajar Penggunaan media sebagai pendukung guru dalam proses pembelajaran kepada murid sangatlah penting dalam proses pembelajaran. Namun kenyataannya guru belum sepenuhnya mempergunakan media secara maksimal. Akibatnya motivasi dan hasil belajar siswa kurang maksimal pula. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran e-learning menggunakan moodle serta membedakan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X Administrasi Perkantoran. Media pembelajaran e-learning adalah alat bantu pembelajaran yang mengacu pada semua kegiatan-kegiatan pendidikan yang dilakukan lewat internet. Penelitian ini menggunakan adaptasi dari kegiatan pengembangan milik Borg and Gall dalam Sugiono kemudian dilakukan modifikasi sesuai dengan kebutuhan menjadi sembilan tahapan. Sumber data diperoleh dari pengisian angket validasi ahlidan angket motivasi siswa serta hasil belajar siswa. Penelitian ini mengambil subjek penelitian dari dua kelas administrasi perkantoran yaitu kelas X APK 1 dan X APK 2. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif yaitu teknik analisis dan persentase. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil validasi dua ahli materi mencapai 89 77% dan 88 87% yang menyatakan media pembelajaran valid/digunakan untuk Hasil validasi ahli media mencapai 88 75% yang menyatakan valid/digunakan. Pada hasil angket motivasi siswa diperoleh 85 10% pada kelas eksperimen dan 76 28% pada kelas kontrol dengan uji t-test independent sample memperoleh hasil 0 00 0 05 dengan thitung 4.746 ttabel1.992 maka H0 ditolak dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. 12288 12288 12288 12288 Hasil uji coba dilakukan pada dua kelas yaitu kelas ekperimen dan kelas kontrol untuk mengetahui hasil belajar siswa didapatkan rata-rata 88 85 pada kelas eksperimen dan 84 32 pada kelas kontrol. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol peneliti menggunakan uji t-test independent sample dengan hasil signifikan sebesar 0 00 0 05 dengan thitung 3.728 ttabel1.992 maka H0 ditolak dengan kata lain disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulan umum yang dapat diambil dari penelitian ini adalah penggunaan media dalam proses pembelajaran dinyatakan efektif dapat membantu dan mendukung guru dalam menyampaikan materi sehingga motivasi dan hasil belajar siswa meningkat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28909 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |