Kompetensi pedagogik guru sertifikasi program keahlian administrasi perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Malang / Ainul Yaqin - Repositori Universitas Negeri Malang

Kompetensi pedagogik guru sertifikasi program keahlian administrasi perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Malang / Ainul Yaqin

Yaqin, Ainul (2014) Kompetensi pedagogik guru sertifikasi program keahlian administrasi perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Malang / Ainul Yaqin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Yaqin Ainul. 2014. Kompetensi Pedagogik Guru Sertifikasi Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra.Wasiti S.Sos M.Si (II) Handri Dian Wahyudi S.Pd M.Sc Kata Kunci Kompetensi Pedagogik Guru Sertifikasi Administrasi Perkantoran 12288 12288 12288 12288 Sertifikasi guru merupakan proses uji kompetensi bagi guru yang ingin memperoleh pengakuan dan atau meningkatkan kompetensi sesuai profesi yang dipilihnya. Sertifikat ini sebagai bukti pengakuan atas kompetensi guru yang memenuhi standar untuk melakukan pekerjaan profesi guru pada jenis dan jenjang pendidikan tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Malang yang telah lulus sertifikasi Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sasaran penelitian ini adalah guru Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Malang yang telah lulus sertifikasi. Prosedur penelitian adalah observasi awal pelaksanaan penelitian analisis data penarikan kesimpulan data dan pelaporan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara dokumentasi dan observasi dilengkapi dengan instrumen penelitian yaitu panduan wawancara lembar observasi dan catatan lapangan perekam suara dan kamera. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh guru Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Malang sudah baik terbukti kedua guru telah berusaha menerapkan indikator yang terkandung dalam kompetensi pedagogik guru meliputi (1) Guru sudah sangat menguasai karakteristik peserta didik dengan cara melakukan pendekatan personal pretes dan diskusi. (2) Guru sudah menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. (3) Kaitannya dengan pengembangan kurikulum kedua guru menerapkan kurikulum yang berbeda tetapi dalam pengembangannya sudah sesuai dengan format kurikulum yang diterapkan. (4) Kaitannya dalam penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik guru mengaitkan materi pembelajaran dengan konteks kehidupan nyata memberikan kesempatan kepada siswa berinteraksi dengan siswa lain terkait pembelajaran (5) Guru kurang memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi dalam proses pembelajaran. (6) Untuk mengembangkan potensi peserta didik guru banyak melaksanakan kegiatan diskusi dan praktikum kelompok atau individu. (7) Cara berkomunikasi guru dengan peserta didik dalam proses pembelajaran sangat baik guru menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan baku santun dan mudah dipahami (8) Penyelenggaraan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar berdasarkan aspek kognitif aspek psikomotorik dan aspek afektif. (9) Kaitannya dengan pemanfaatan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran guru memanfaatkannya untuk melihat kemajuan belajar siswa dan remidian/pengayaan. (10) Guru hanya melakukan kegiatan tindakan reflektif pada satu bulan di awal semester dengan tujuan untuk peningkatan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28908

Actions (login required)

View Item View Item