Pengaruh kualitas laboratorium perkantoran terhadap hasil belajar mata pelajaran melakukan prosedur administrasi siswa jurusan administrasi perkantoran (studi pada kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Aldino Dwi Anggoro - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kualitas laboratorium perkantoran terhadap hasil belajar mata pelajaran melakukan prosedur administrasi siswa jurusan administrasi perkantoran (studi pada kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Aldino Dwi Anggoro

Anggoro, Aldino Dwi (2014) Pengaruh kualitas laboratorium perkantoran terhadap hasil belajar mata pelajaran melakukan prosedur administrasi siswa jurusan administrasi perkantoran (studi pada kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Aldino Dwi Anggoro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anggoro Aldino Dwi. 2014. Pengaruh Kualitas Laboratorium Perkantoran terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi Siswa Jurusan Administrasi Perkantoran (Studi Pada Kelas X SMK Muhammadiyah 5Kepanjen). Skripsi Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mohammad Arief M.Si (II) Drs. I. Nyoman Suputra M.Si Kata Kunci Pengaruh Laboratorium Perkantoran Hasil Belajar Faktor yang mempengaruhi hasil belajar salah satunya yaitu sarana dan prasarana sekolah yang berwujud ruang laboratorium. Ruang Laboratorium adalah tempat siswa mengambangkan pengetahuan sikap dan ketrampilan serta tempat meneliti. Untuk terciptanya laboratorium yang baik dan menunjang hasil belajar siswa harus memenuhi segi kelengkapan sarana kualitas sarana penataan sarana serta intensitas pemakaian sarana. Tujuan dalam penelitian ini mengetahui apakah (1) ada pengaruh antara kelengkapan sarana laboratorium perkantoran terhadap hasil belajar. (2) ada pengaruh antara kualitas sarana laboratorium perkantoran terhadap hasil belajar. (3) ada pengaruh antara penataan sarana laboratorium perkantoran terhadap hasil belajar. (4) ada pengaruh antara intensitas pemakaian sarana laboratorium perkantoran terhadap hasil belajar. (5) ada pengaruh antara kelengkapan kualitas penataan dan intensitas pemakaian sarana laboratorium perkantoran terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian populasi yaitu keseluruhan siswa kelas X APK SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen yang berjumlah 81 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelatif dengan teknik regresi linier berganda. Variabel penelitian antara lain kelengkapan sarana (X1) kualitas sarana (X2) (X3) penataan sarana (X4) intensitas pemakaian sarana dan hasil belajar (Y). Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dan dokumentasi. . Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa (1) kelengkapan sarana berpengaruh terhadap hasil belajar. (2) Kualitas sarana berpengaruh terhadap hasil belajar. (3) Penataan sarana berpengaruh terhadap hasil belajar. (4) Intensitas pemakaian berpengaruh terhadap hasil belajar. (5) Kelengkapan Kualitas Penataan dan Intensitas berpengaruh terhadap hasil belajar. Kesimpulan (1) Kondisi kelengkapan tergolong lengkap untuk berlangsungnya proses pembelajaran. (2) Kualitas sarana tergolong tinggi. (3) Penataan sarana tergolong baik. (4) Intensitas pemakaian tergolong tinggi. Saran (1) Bagi pihak sarana dan prasarana hendaknya memperhatikan penataan ruangan sesuai Permendiknas No 40 Tahun 2008 menambah beberapa unit komputer untuk laboratorium administrasi menambahkan intensitas pemakaian per minggunya agar siswa lebih terlatih ketrampilannya serta memperbarui kualitas komputer yang ada. (2) Bagi peneliti lain hendaknya mengembangkan variabel penelitian dan mengambil sampel lebih banyak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28907

Actions (login required)

View Item View Item