Butarbutar, Brian Demto Jamitar Martupa (2023) Perencanaan bauran produk dan bauran harga minuman fungsional susu jahe merah / Brian Demto Jamitar Martupa Butarbutar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Minuman fungsional telah menjadi tren yang signifikan dalam industri makanan dan minuman terutama karena peningkatan kesadaran konsumen tentang pentingnya menjaga kesehatan dan kesejahteraan. Minuman fungsional adalaCh jenis minuman yang mengandung bahan-bahan tambahan yang memberikan manfaat kesehatan tambahan selain kebutuhan nutrisi dasar. Konsumen semakin tertarik dengan minuman fungsional karena kemampuannya untuk meningkatkan kesehatan dan memberikan manfaat khusus seperti meningkatkan daya tahan tubuh dan meningkatkan kinerja kognitif. Tujuan penelitian ini adalah membuat perencanaan bauran produk dengan penambahan persentase jahe merah pada minuman fungsional susu jahe merah (5% 10% dan 15%) dan bauran harga yang tepat untuk minumakan fungsional susu jahe mehah. Dengan pengujian hedonik meliputi tingkat kesukaan pada warna aroma dan Rasa. Penelitian eksperimen bertujuan untuk melihat akibat dari penambahan sari jahe merah terhadap aroma rasa warna dan label kemasan. Masing-masing pengujian di lakukan sebanyak dua kali pengulan. Hasil uji ANOVA pada uji hedonik tingakat kesukaan aroma minuman fungsional susu jahe merah dengan penambahan sari jahe merah 5% 10% dan 15% menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0.772 ge alpha 0.05. Pada hasil uji anova menunjukkan sig 0.772 yang artinya masing-masing metode tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Pada uji ANOVA uji sifat hedonik rasa pada minuman fungsional susu jahe merah terdapat perbedaan yang signifikan sebesar 0.051 le alpha 0.05. Pada hasil uji ANOVA menunjukkan sig 0.051 selanjutnya di lakukan uji (DMRT). ANOVA yang di lakukan untuk uji sifat hedonik warna pada minuman fungsional susu jahe merah tidak terjadi perbedaan yang signikan sebesar 0.290 ge alpha 0.05. Pada hasil uji anova menunjukkan sig 0.290 yang artinya masing-masing metode tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Hasil uji ANOVA pada uji sifat hedonik Label minuman fungsional susu jahe terjadi perbedaan yang signifikan 0.005 le alpha 0.05. Pada hasil uji anova menunjukkan sig 0.005 yang artinya masing-masing metode terdapat perbedaan yang signifikan. Selanjutnya dilakukan analisis dengan Uji Duncan rsquo s Multiple Range Test (DMRT).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 04:29 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 04:21 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/289069 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |