Rochmawati, Dyah Ayu (2014) Implementasi pembelajaran role playing dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa (studi pada kompetensi dasar memelihara standar presentasi pribadi siswa kelas X AMP SMK Cendika Bangsa Kepanjen) / Dyah Ayu Rochmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Rochmawati Dyah Ayu. 2014. Implementasi Pembelajaran Role Playing dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Kompetensi Dasar Memelihara Standar Presentasi Pribadi Siswa Kelas X APK SMK Cendika Bangsa Kepanjen). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. I Nyoman Suputra M.Si (2) Afwan Hariri Agus Prohimi S.E. M.Si Kata kunci Role Playing hasil belajar 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran role playing merupakan suatu aktivitas yang dramatik biasanya ditampilkan oleh sekelompok kecil siswa yang bertujuan mengeksploitasi beberapa masalah yang ditemukan untuk melengkapi partisipasi dan pengamat dengan pengalaman belajar yang nantinya dapat meningkatkan pemahaman. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Cendika Bangsa Kepanjen dikarenakan berdasarkan data wawancara dengan pihak guru APK di sekolah tersebut belum pernah menerapkan pembelajaran role playing sehingga peneliti ingin memperkenalkan dan menerapkan pembelajaran tersebut di kompetensi dasar Memelihara Standar Presentasi Pribadi. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran role playing pada Kompetensi Dasar Memelihara Standar Presentasi Pribadi siswa kelas X APK SMK Cendika Bangsa Kepanjen. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian kualitatif kehadiran peneliti menjadi instrumen kunci. Penelitian ini dilakukan di SMK Cendika Bangsa Kepanjen yang beralamat di Jalan Raya Mojosari no. 02 Kepanjen Malang. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilakukan di kelas X program keahlian Administrasi Perkantoran pada Kompetensi Dasar Memelihara Standar Presentasi Pribadi dengan jumlah siswa 39 orang. Alasan pengambilan subyek penelitian ini adalah Kompetensi Dasar Memelihara Standar Presentasi Pribadi ditempuh oleh siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran (APK) dan sesuai untuk diterapkan model pembelajaran role playing. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi wawancara tes dan catatan lapangan. Teknik analisis data yaitu dengan melakukan reduksi data penyajian data dan kesimpulan. Tahap-tahap penelitian tindakan kelas yang diterapkan dalam penelitian ini terdapat dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pada setiap siklus dilakukan perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar setelah diterapkan model pembelajaran role playing. Dari penelitian yang dilakukan memperoleh hasil test pre test dan post test pada siklus II mengalami peningkatan dibanding siklus I yaitu dari 75 23 meningkat menjadi 81 38 sehingga seluruh siswa dapat mencapai standar ketuntasan minimal. Dengan demikian menunjukkan bahwa model pembelajaran role playing dapat meningkatkan hasil belajar pada Kompetensi Dasar Memelihara Standar Presentasi Pribadi siswa kelas X APK SMK Cendika Bangsa Kepanjen. 12288 12288 12288 12288 Penerapan model pembelajaran role playing diharapkan selain mampu meningkatkan hasil belajar siswa tapi juga diharapkan mampu menjadi bahan acuan untuk memperbaiki proses belajar mengajar informasi bagi guru dalam pembaharuan proses pembelajaran dan sebagai wahana untuk pengembangan dan penerapan pengetahuan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jun 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28904 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |