Pengaruh iklim kelas dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen tahun ajaran 2013/2014) / Rizki Mei Resmitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh iklim kelas dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen tahun ajaran 2013/2014) / Rizki Mei Resmitasari

Resmitasari, Rizki Mei (2014) Pengaruh iklim kelas dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen tahun ajaran 2013/2014) / Rizki Mei Resmitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Resmitasari Rizki Mei. 2014. Pengaruh Iklim Kelas dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mohammad Arief M.Si (II) Drs. I Nyoman Suputra M.Si. Kata Kunci iklim kelas disiplin belajar prestasi belajar Rumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kondisi iklim kelas disiplin belajar dan prestasi belajar siswa (2) Apakah iklim kelas berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa (3) Apakah disiplin belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa (4) Apakah iklim kelas dan disiplin belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa Penelitian ini merupakan penelitian populasi yaitu keseluruhan siswa kelas X APK SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen yang berjumlah 82 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif korelasional dengan teknis analisis regresi linier berganda. Variabel penelitian antara lain Iklim Kelas (X1) Disiplin Belajar (X2) dan Prestasi Belajar Siswa (Y). Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa (1) Iklim kelas berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. (2) Disiplin belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. (3) Iklim kelas dan disiplin belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Kesimpulan (1) Kondisi iklim kelas yang terjadi tergolong baik atau kondusif untuk berlangsungnya proses pembelajaran tingkat disiplin belajar pada siswa tergolong tinggi dan prestasi belajar siswa tergolong baik (diatas SKM). (2) Iklim kelas berpengaruh signifikan positif terhadap prestasi belajar siswa. (3) Disiplin belajar berpengaruh signifikan positif terhadap prestasi belajar siswa. (4) Iklim kelas dan disiplin belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Saran (1) Bagi peneliti lain hendaknya dapat mengembangkan variabel penelitian dan juga mengambil sampel lebih banyak. (2) Bagi Waka Sarana dan Prasarana disarankan menambah fasilitas yang dapat menunjang proses pembelajaran seperti LCD dan papan tulis yang layak digunakan ventilasi udara yang baik pengaturan cahaya di dalam kelas dan lainnya. (4) Bagi guru diharapkan dapat membangkitkan iklim kelas yang baik dengan cara mengelola dan meningkatkan strategi belajar mengajar dalam kelas serta membimbing peserta didik agar meningkatkan rasa disiplin belajar. (5) Bagi orang tua siswa disarankan memberikan pantauan arahan serta dukungan sarana dan prasarana

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28900

Actions (login required)

View Item View Item