Dhatin, Nisa Nur (2014) Analisis keterampilan dasar mengajar mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Program Studi Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang semester ganjil tahun akademik 2013/2014 (studi pada SMK Negeri 1 Turen dan SMK Ardjuna 1 Malang) / Nisa Nu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Dhatin Nisa Nur. 2014. Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Program Studi Administrasi Perkantoran Semester Ganjil Tahun Akademik 2013-2014 (Studi pada SMK Negeri 1 Turen dan SMK Ardjuna 1 Malang). Skripsi Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs. H. Mohammad Arief M.Si. (II) Drs. I Nyoman Suputra M.Si. Kata Kunci Keterampilan Dasar Mengajar Praktik Pengalaman Lapangan 12288 12288 12288 12288 Keterampilan Dasar Mengajar merupakan salah satu hal yang harus dikuasai baik oleh seorang guru atau seorang calon guru. Dengan menguasai 8 keterampilan dasar mengajar diharapkan akan dapat membuat kelas menjadi kondusif dan tujuan yang diharapkan pada setiap pembelajaran dapat dicapai. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu syarat akademik yang diberikan Universitas untuk mahasiswa yang berada di bidang pendidikan. Program PPL ini dibuat agar mahasiswa dapat mengetahui bagaimana dunia pendidikan dengan langsung mempraktekkannya ke sekolah. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan (1) untuk mendeskripsikan bagaimana keterampilan dasar mengajar mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Program Studi Administrasi Perkantoran tahun akademik 2013-2014 semester ganjil. (2) untuk mengetahui faktor pendukung dalam pelaksanaan PPL (3) untuk mengetahui faktor penghambat dalam pelaksanaan PPL (4) untuk mendeskripsikan bagaimana peran guru pamong dan waka kurikulum dalam pelaksanaan PPL. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa human instrument yaitu peneliti sendiri. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan perpanjangan penelitian dan triangulasi sumber. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data penyajian data penarikan kesimpulan dan verifikasi. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh kesimpulan sebagai berikut. (1) Keterampilan dasar mengajar mahasiswa sudah cukup baik tetapi perlu dipelajari lagi untuk keterampilan mengelola kelas menjelaskan dan mengajar kelas kecil atau perseorangan. (2) Faktor pendukung dalam pelaksanaan PPL dari pihak mahasiswa yaitu menambah pengalaman mengajar kewajiban untuk mahasiswa pendidikan dan respon murid yang sangat mendukung. Dan dari pihak sekolah yaitu saling memberikan keuntungan dengan dapat berbagi ilmu dan model pembelajaran yang masih baru dan fresh. (3) Faktor penghambat dalam pelaksanaan PPL dari pihak mahasiswa yaitu guru pamong kurang membantu jam mengajar sedikit dan kurangnya latihan sebelum terjun ke lapangan. Dan dari pihak sekolah yaitu mahasiswa masih perlu belajar mengenai pengelolaan kelas penguasaan materi kepercayaan diri dan kemampuan mengajar sikap mahasiswa yang terlalu dekat dengan siswa dapat mengakibatkan kurangnya kewibawaan (4) peran guru pamong yaitu selalu membantu memberikan informasi mengenai perangkat pembelajaran. Dan waka kurikulum berperan aktif secara umum membantu mahasiswa dalam hal pelaksanaan PPL
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jun 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28899 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |