Nisa', Khoirun (2014) Penerapan peer assesment (penilaian teman) pada mata pelajaran kewirausahaan untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar siswa (studi di kelas X APK 4 SMK Muhammadiyah 2 Pagak) / Khoirun Nisa'. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Nisa Khoirun. 2014. Penerapan Peer Assessment (Penilaian Teman) Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa (Studi di Kelas X APK 4 SMK Muhammadiyah 2 Pagak). Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Drs. Mohammad Arief M. Si. Pembimbing II Dr. Agus Hermawan M. Si M. Bus. Kata Kunci Peer Assessment (Penilaian Teman) Motivasi Belajar Prestasi Belajar Penilaian yang bertujuan mengukur kemajuan hasil belajar siswa tersebut dapat dilakukan melalui penggunaan berbagai macam penilaian yang berupa tes maupun non-tes. Agar proses penilaian dalam kegiatan belajar-mengajar bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan maka penilaian dapat dilaksanakan dengan berbagai teknik atau cara seperti penilaian unjuk kerja penilaian sikap penilaian tertulis penialaian proyek penilaian produk penilaian portofolio dan penilaian teman (Peer Assesment). Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui penerapan Peer Assessment pada mata pelajaran Kewirausahaan di kelas X APK 4 SMK Muhammadiyah 2 Pagak tahun ajaran 1013/2014. 2) Mengetahui dengan penerapan Peer Assesment dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas X APK 4 di SMK Muhammadiyah 2 Pagak Malang tahun pelajaran 2013/2014. 3) Mengetahui dengan dengan penerapan Peer Assesment dapat meningkatkan prestasi belajar pelajaran kewirausahaan kelas X APK 4 di SMK Muhammadiyah 2 Pagak malang Tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Sedangkan pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan oleh peneliti di SMK Muhammadiyah 2 Pagak yang terletak di jalan Ahmad Yani no. 156 Sumbermanjing Kulon kecamatan Pagak kabupaten Malang khususnya di kelas X APK 4. Dari hasil penelitian diketahui bahwa 1) Motivasi belajar siswa mengalami peningkatan yang cukup baik pada tiap siklus. Sesuai data angket motivasi belajar siswa menunjukkan siklus I diperoleh rata-rata sebesar 71 90% sedangkan pada siklus II naik menjadi 72 93%. Hal ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa mengalami kenaikan sebesar 1 03% dari siklus I ke siklus II. 2) Prestasi belajar siswa ranah kognitif pada siklus I memiliki nilai rata-rata kelas 73 48% sedangkan pada siklus II naik menjadi 81 74%. Hal ini menunjukkan bahwa prestasi belajar ranah kognitif mengalami peningkatan pada tiap siklus yang dikarenakan penerapan Peer Assessment yang dilakukan peneliti dalam kegiatan pembelajaran berhasil diterapkan. Dari hasil penelitian ini dapat disarankan 1) Khususnya guru mata pelajaran Kewirausahaan hendaknya menerapkan Peer Assessment dalam pembelajaran agar siswa lebih efektif dan giat dalam kegiatan pembelajaran. 2) Guru hendaknya memberikan motivasi kepada siswa misalnya pemberian hadiah untuk siswa yang mendapat nilai terbaik dan guru juga harus selalu memberi pengarahan pada siswa agar siswa lebih percaya diri sehingga diharapkan berdampak pada hasil belajar siswa yang menjadi lebih baik. 3) Bagi siswa khususnya siswa kelas X APK 4 di SMK Muhammadiyah 2 Pagak pada saat penerapan Peer Assessment perlu meningkatkan lagi motivasinya dengan cara selalu berpikir positif bahwa ilmu yang didapat pasti akan selalu bermanfaat untuk kehidupan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Jun 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28898 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |