Hubungan interpersonal communication skills dan self confident dengan adaptability calon guru di era revolusi industri 4.0 mahasiswa s1 kependidikan jurusan TE FT UM / Rinani Nashirina A'malin - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan interpersonal communication skills dan self confident dengan adaptability calon guru di era revolusi industri 4.0 mahasiswa s1 kependidikan jurusan TE FT UM / Rinani Nashirina A'malin

A'malin, Rinani Nashirina (2022) Hubungan interpersonal communication skills dan self confident dengan adaptability calon guru di era revolusi industri 4.0 mahasiswa s1 kependidikan jurusan TE FT UM / Rinani Nashirina A'malin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Adaptability (kemampuan beradaptasi) merupakan salah satu indikator kompetensi sosial yang harus dimiliki oleh guru. Adaptability digunakan oleh setiap individu sebagai proses penyesuaian dengan menyelaraskan diri terhadap rekan kerja maupun lingkungan baru. Pada era revolusi industri 4.0 kemampuan beradaptasi juga harus mengikuti berbagai perubahan aspek kehidupan dan perkembangan teknologi. Sebagai calon guru mahasiswa S1 PTE dan PTI tentunya harus mempersiapkan dengan matang mengenai adaptability. Banyak faktor yang mempengaruhi adaptability calon guru diantaranya adalah interpersonal communication skills dan self confident. Dengan memiliki interpersonal communication skills dan self confident seorang guru akan lebih mudah bergaul dan diterima di lingkungannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Deskripsi interpersonal communication skills (X1) self confident (X2) dan adaptability (Y) (2) Mengetahui signifikansi hubungan X1 dengan Y (3) Mengetahui signifikansi hubungan X2 dengan Y (4) Mengetahui signifikansi hubungan X1 dan X2 secara simultan dengan Y. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional dengan instrumen pengambilan data berupa angket tertutup yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Populasi penelitian ini merupakan mahasiswa program studi S1 PTE dan PTI yang telah mengikuti kegiatan KPL dengan jumlah 101 mahasiswa. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis korelasi parsial dan regresi ganda uji prasyarat analisis dan analisis sumbangan prediktor. Data yang diperoleh akan diolah dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa variabel X1 berada pada kategori tinggi dengan persentase 42 28% untuk PTE dan 54 17% untuk PTI variabel X2 berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase 67 92% untuk PTE dan 85 41% untuk PTI dan Y berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase 75 4% untuk PTE dan 77 08% untuk PTI. Hubungan parsial antara X1 dan Y adalah sig. (0 000 lt 0 05) dan antara X2 dengan Y nilai sig. (0 000 lt 0 05). Hubungan simultan antara X1 dan X2 dengan Y sig. F (0 000 lt 0 05) dengan nilai R 0 899. Kontribusi X1 dan X2 terhadap Y untuk kontribusi efektif X1 sebesar 2 30% X2 sebesar 78 395% dan kontribusi relative X1 sebesar 2 86% X2 sebesar 97 024%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) tingkat interpersonal communication skills (X1) dalam kategori tinggi self confident (X2) dan adaptability calon guru di era revolusi industri 4.0 (Y) pada kategori sangat tinggi (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara parsial antara interpersonal communication skills (X1) dengan adaptability calon guru di era revolusi industri 4.0 (Y) dan self confident (X2) dengan adaptability calon guru di era revolusi industri 4.0 (Y) (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara simultan antara interpersonal communication skills (X1) dan self confident (X2) dengan adaptability calon guru di era revolusi industri 4.0 (Y).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2022 04:29
Last Modified: 02 Apr 2024 05:48
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/288960

Actions (login required)

View Item View Item