Pengembangan modul kearsipan berbasis guided inquiry pada materi sistem kearsipan untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK PGRI 2 Malang) / Ika Purwanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul kearsipan berbasis guided inquiry pada materi sistem kearsipan untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK PGRI 2 Malang) / Ika Purwanti

Purwanti, Ika (2014) Pengembangan modul kearsipan berbasis guided inquiry pada materi sistem kearsipan untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK PGRI 2 Malang) / Ika Purwanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Purwanti Ika. 2014. Pengembangan Modul Kearsipan Berbasis Guided Inquiry pada Materi Sistem Kearsipan untuk Meningkatkan Hasil Belajar (Studi pada Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran di SMK PGRI 2 Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Agus Hermawan M.Si. M.Bus (2) Hj. Madziatul Churiyah S.Pd. M.M. Kata kunci modul guided inquiry sistem kearsipan hasil belajar. 12288 12288 12288 12288 Penelitian pengembangan ini didasari oleh terbatasnya bahan ajar mata pelajaran Kearsipan. Bahan ajar Kearsipan yang mengembangkan kemampuan proses berpikir siswa belum dikembangkan sebelumnya. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa bahan ajar Kearsipan masih terbatas keaktifan dan hasil belajar siswa juga masih rendah. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah terbatasnya bahan ajar yang disusun secara sistematis komunikatif dan menarik bagi siswa. Pembelajaran Kearsipan dengan menggunakan modul yang diintegrasikan dengan model guided inquiry diharapkan dapat membuat siswa belajar mandiri sehingga siswa dapat menemukan sendiri pengetahuannya dan dapat membangun sikap aktif kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah 1) menghasilkan modul Kearsipan sesuai dengan model guided inquiry pada materi sistem kearsipan untuk siswa SMK/MAK kelas X program keahlian Administrasi Perkantoran semester genap 2) mengetahui kelayakan modul yang telah dikembangkan melalui hasil validasi dan 3) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan bahan ajar modul Kearsipan berbasis guided inquiry dengan siswa yang tidak menggunakan bahan ajar modul Kearsipan berbasis guided inquiry. 12288 12288 12288 12288 Rancangan penelitian ini diadaptasi dari model 4-D oleh Thiagarajan S. Semmel D.S. Semmel M.I. tahun 1974 melalui empat langkah penelitian yaitu mendefinisikan (Define) merancang (Design) mengembangkan (Develop) dan menyebarluaskan (Disseminate). Validasi modul dilakukan oleh 1 orang dosen jurusan manejemen program studi administrasi perkantoran Universitas Negeri Malang sebagai validator ahli modul pembelajaran 1 orang guru mata pelajaran Kearsipan SMK PGRI 2 Malang sebagai validator ahli materi dan sepuluh siswa kelas X SMK PGRI 2 Malang sebagai validator user. 12288 12288 12288 12288 Produk yang dikembangkan berupa modul pembelajaran Kearsipan pada materi sistem kearsipan dengan menggunakan model guided inquiry (inkuiri terbimbing). Kompetensi dasar yang dikembangkan oleh peneliti dalam modul ini adalah 1) menjelaskan sistem kearsipan dan 2) mempresentasikan sistem kearsipan yang berlaku. Sajian dan analisis data pada penelitian ini dibedakan menjadi empat aspek yaitu (1) aspek kelayakan isi (2) aspek kelayakan penyajian (3) aspek kelayakan bahasa dan (4) aspek kelayakan kegrafikaan. Berdasarkan penilaian pada keempat aspek tersebut diperoleh data bahwa modul ini termasuk kategori sangat valid dengan hasil persentase rata-rata uji validasi 93%. Pada efektivitas produk diperoleh data bahwa modul ini efektif digunakan ditinjau dari perbedaan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol yaitu 73 767 dengan 59 674 melalui uji t program SPSS. 12288 12288 12288 12288 12288 Saran bagi pengembangan lebih lanjut guru mata pelajaran Kearsipan disarankan untuk memanfaatkan modul berbasis guided inquiry ini sebagai alternatif penunjang pembelajaran Kearsipan pada materi sistem kearsipan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28896

Actions (login required)

View Item View Item