Kurniawan, Hery Kurniawan (2023) Pengembangan bahan ajar instalasi penerangan listrik berbantuan flippingbook dengan menerapkan model pembelajaran think talk write untuk meningkatkan minat belajar siswa teknik instalasi tenaga listrik di smk / Hery Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan dari studi pengembangan ini adalah untuk mengembangkan materi pendidikan yang diperlukan di SMK untuk meningkatkan minat belajar siswa. Berdasarkan temuan sebelumnya terdapat beberapa hambatan belajar yaitu (1) siswa kekurangan bahan ajar karena hanya mengandalkan satu bahan ajar (2) siswa kurang tertarik belajar karena bahan ajar yang digunakan terkesan monoton dan tidak menarik perhatian siswa (3) Pembelajaran masih terlalu didominasi guru yang menjelaskan materi dalam bentuk Power Point melalui media sehingga siswa hanya pasif. Selain permasalahan tersebut perlu dikembangkan bahan ajar yang memenuhi kebutuhan baik guru maupun siswa. Model pengembangan Sugiyono digunakan dalam penelitian perkembangan ini. Materi pembelajaran yang diperoleh harus sesuai dan relevan dengan kebutuhan SMK. Sekolah yang dijadikan percobaan adalah SMKN 1 Singosari yang sudah menyandang predikat sekolah rujukan nasional namun masih terdapat kendala dari segi bahan ajar. Subyek penelitian adalah siswa yang menyelesaikan atau menyelesaikan instalasi penerangan listrik. Data yang terkumpul berupa angka-angka dan dihitung untuk mendapatkan persentase kualifikasi setelah itu diketahui kriterianya dalam skala Likert. Hasil penelitian pengembangan ini berupa bahan kajian instalasi penerangan listrik berbasis buku kertas yang validitasnya 88 64% untuk staf pengajar sebagai validator dan 86 36% untuk guru mata pelajaran. Tes siswa mencapai tingkat kualifikasi 88 55 dengan learning rate 87 50%. Berdasarkan beberapa percobaan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa materi instalasi penerangan listrik berbasis buku kertas dapat digunakan dan dapat didistribusikan untuk digunakan di masa mendatang dalam proses belajar mengajar di SMK.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jun 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/288955 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |