Hubungan pengetahuan keteknikan dan tingkat kepercayaan diri terhadap kemampuan beradaptasi dalam dunia kerja industri 4.0 pada siswa SMK kompetensi keahlian titl di Kota Blitar / Mega Sefyana</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan pengetahuan keteknikan dan tingkat kepercayaan diri terhadap kemampuan beradaptasi dalam dunia kerja industri 4.0 pada siswa SMK kompetensi keahlian titl di Kota Blitar / Mega Sefyana</p>

Sefyana, Mega (2023) Hubungan pengetahuan keteknikan dan tingkat kepercayaan diri terhadap kemampuan beradaptasi dalam dunia kerja industri 4.0 pada siswa SMK kompetensi keahlian titl di Kota Blitar / Mega Sefyana</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sefyana Mega. 2022. Hubungan Pengetahuan Keteknikan dan Tingkat Kepercayaan Diri Terhadap Kemampuan Beradaptasi dalam Dunia Kerja Industri 4.0 pada Siswa SMK Kompetensi Keahlian TITL di Kota Blitar. Kata Kunci Pengetahuan Keteknikan Tingkat Kepercayaan Diri Kemampuan Beradaptasi di Dunia Kerja Di era revolusi industri 4.0 seseorang wajib memiliki kemampuan yang sesuai menggunakan perkembangan teknologi salah satunya adalah pengetahuan keteknikan dan tingkat kepercayaan diri untuk meningkatkan kemampuan dalam beradaptasi siswa SMK TITL ke dunia kerja. Pengetahuan keteknikan ialah ilmu yang mempelajari suau bidang tertentu dimana pengetahuan ini diharapkan siswa dapat memecahkan suatu masalah. Sedangkan tingkat kepercayaan diri yaitu suatu kemampuan yang terdapat di dalam diri yang menyebabkan keberanian siswa SMK TITL dalam mengambil tanggung jawab atas segala tindakannya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan Pengetahuan Keteknikan (X1) (b) Tingkat Kepercayaan Diri (X2) dan (c) Kemampuan Beradaptasi dalam Dunia Kerja Industri 4.0 (Y) (2) Mengetahui signifikansi hubungan X1 dan Y (3) Mengetahui signifikansi hubungan X2 dan Y (4) Mengetahui signifikansi hubungan X1 dan X2 secara dengan Y secara simlutan. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif dengan rencana deskriptif korelasi. Penelitian ini menggunkan teknik Simple random sampling dengan populasi sebanyak 154 responden siswa kelas XII kompetensi TITL di Kota Blitar yang telah melaksanakan prakerin. Instrumen yang digunakan variabel X1 X2 dan Y berupa angket dengan skala likert 4. Variabel X1 X2 dan Y memiliki reliabilitas sebagai berikut 0 914 0 938 dan 0 920. Teknik analisi data menggunakan analisi korelasi parsial dan regresi ganda uji prasyarat menggunakan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian diketahui (1) Pengetahuan Keteknikan dalam kategori tinggi (2) Tingkat Kepercayaan Diri dalam kategori sangat tinggi (3) Kemampuan Beradaptasi dalam Dunia Industri 4.0 dalam kategori tinggi (4) Koefisien korelasi parsial X1 dengan Y sebesar 0 53 dan taraf signifikansi 0 000 (5) Koefisien korelasi parsial X2 dengan Y sebesar 0 692 dan taraf signifikansi 0 000 (6) Koefisien korelasi simultan X1 dan X2 dengan Y sebesar 0 758 dan taraf signifikansi sebesar 0 000. Kesimpulan pada penelitian ini yakni (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara X1 dengan Y (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara X2 dengan Y (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara X1 dan X2 secara simultan dengan Y pada siswa kelas XII Kompetensi Keahlian TITL di Kota Blitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/288954

Actions (login required)

View Item View Item