Pengaruh minat belajar dan self regulated terhadap kemampuan 4c (critical thinking, communication, collaboration, creativity) pada mata pelajaran lintas jurusan kurikulum merdeka kelas xi smk negeri sidoarjo / Dhifie Yanti Masitoh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh minat belajar dan self regulated terhadap kemampuan 4c (critical thinking, communication, collaboration, creativity) pada mata pelajaran lintas jurusan kurikulum merdeka kelas xi smk negeri sidoarjo / Dhifie Yanti Masitoh

Masitoh, Dhifie Yanti Masitoh (2023) Pengaruh minat belajar dan self regulated terhadap kemampuan 4c (critical thinking, communication, collaboration, creativity) pada mata pelajaran lintas jurusan kurikulum merdeka kelas xi smk negeri sidoarjo / Dhifie Yanti Masitoh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Masitoh Dhifie Yanti. 2023. Pengaruh Minat Belajar dan Self Regulated terhadap Kemampuan 4C (critical thinking communication collaboration creativity) pada Mata Pelajaran Lintas Jurusan Kurikulum Merdeka Kelas XI SMK Negeri 1 Sidoarjo. Skripsi. Departemen Teknik Elektro dan Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Yuni Rahmawati S.T. M.T. (II) Dyah Lestari S.T. M.Eng. Kata Kunci Penelitian Pengaruh Minat Belajar Self Regulated Kemampuan 4C. Minat belajar adalah rasa senang atau rasa suka sebagai bentuk ekspresi terhadap belajar. Tanpa minat siswa merasa terpaksa dan terbebani dengan kegiatan belajar sehingga akan mempengaruhi hasil belajar. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh proses berpikir mengatur dan bertindak sesuai dengan tujuan yang direncanakan yang disebut self regulated. Berdasarkan hasil observasi selama empat bulan di SMK Negeri 1 Sidoarjo ditemukan bahwa tingkat minat belajar siswa dan self regulated pada mata pelajaran Lintas Jurusan masih tergolong rendah. Sehingga dapat mempengaruhi kemampuan 4C yang dinyatakan dalam bentuk skor baik kuantitatif maupun kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan penelitian ex post facto dengan populasi sebanyak 135 siswa pada mata pelajaran Lintas Jurusan sebagai objek penelitian menggunakan angket sebagai intrumen. Menggunakan analisis deskriptif untuk menggambarkan kondisi setiap variabel juga menggunakan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas uji linearitas uji mulkolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Dengan hasil uji hipotesis nilai Minat Belajar (X1) terhadap Kemampuan 4C (Y) berpengaruh positif dan signifikan sebesar 3 14 yang memiliki hubungan cukup kuat dan nilai Self Regulated (X2) terhadap (Y) berpengaruh positif dan signifikan sebesar 4 25 yang memiliki hubungan cukup kuat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (X1) dan (X2) terhadap (Y) berpengaruh positif dan signifikan. Rasio variabel independen terhadap variabel dependen adalah sebagai berikut (1) sumbangan efektif (X1) sebesar 5 24% (2) sumbangan efektif (X2) sebesar 15 17% (3) sumbangan relatif (X1) sebesar 25 68% (4) sumbangan relatif (X2) sebesar 74 32%. Kesimpulan yang diperoleh pada penelitian ini bahwa tingkat minat belajar self regulated dan kemampuan 4C siswa kelas XI mata pelajaran Lintas Jurusan di SMK Negeri 1 Sidoarjo dapat diketahui dengan analisis deskriptif bahwa variabel minat belajar (X1) berada dalam kategori tinggi dan sangat tinggi variabel self regulated (X2) berada dalam kategori tinggi dan sangat tinggi dan variabel kemampuan 4C (Y) berada dalam kategori tinggi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/288950

Actions (login required)

View Item View Item