Interaksi penerapan model pembelajaran inquiry hybrid learning-steam dan model inquiry terbimbing dengan tingkat berpikir kritis siswa terhadap kemampuan hots mata pelajaran skee kelas xi toi smkn 1 singosari. / Irvan Awliya - Repositori Universitas Negeri Malang

Interaksi penerapan model pembelajaran inquiry hybrid learning-steam dan model inquiry terbimbing dengan tingkat berpikir kritis siswa terhadap kemampuan hots mata pelajaran skee kelas xi toi smkn 1 singosari. / Irvan Awliya

Awliya, Irvan Awliya (2023) Interaksi penerapan model pembelajaran inquiry hybrid learning-steam dan model inquiry terbimbing dengan tingkat berpikir kritis siswa terhadap kemampuan hots mata pelajaran skee kelas xi toi smkn 1 singosari. / Irvan Awliya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Suatu keberhasilan pada proses pembelajaran di sekolah dapat ditinjau dari beberapa aspek peserta didik salah satunya adalah aspek berpikir tingkat tinggi (HOTS). Untuk mencapai terciptanya keberhasilan pembelajaran maka diperlukan pengelolaan model dan strategi pembelajaran yang baik serta sesuai dengan peserta didik pada abad 21 proses pembelajaran dituntut untuk mengembangkan critical thingking Hal ini yang membuat berpikir kritis merupakan aspek penting yang perlu diperhatikan untuk menciptakan keberhasilan suatu pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan kemampuan HOTS (2) Mengungkap adanya interaksi model pembelajaran inquiry dengan berpikir kritis terhadap kemampuan HOTS (3) Mengungkap perbedaan kemampuan HOTS karena pengaruh berpikir kritis dan (4) Mengungkap perbedaan kemampuan HOTS karena penerapan model pembelajaran inquiry. Rancangan penelitian menggunakan desain penelitian eksperimen dengan rancangan factorialialized (2x2) version of the nonequivalent control group design. Subjek adalah peserta didik kelas XI jurusan TOI SMKN 1 Singosari. Penelitian ini akan terdapat empat kelas yaitu kelas pertama diberi perlakuan model inquiry terbimbing dan kelas kedua diberi perlakuan model inquiry hybrid learning-STEAM kedua kelas tersebut akan terbagi berdasarkan tingkatan berpikir kritis rendah dan berpikir kritis tinggi kemudian kedua kelompok tersebut melakukan post-test untuk mengukur kemampuan HOTS . teknik pengujian pada penelitian ini menggunakan two way anova dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa (1) terdapat interaksi antara model pembelajaran inquiry terbimbing dan inquiry hybrid learning-STEAM dengan berpikir kritis terhadap kemampuan HOTS (2) kemampuan HOTS yang pembelajaran inquiry terbimbing dan inquiry hybrid learning-STEAM (3) kemampuan HOTS peserta didik berpikir kritis tinggi lebih tinggi daripada peserta didik berpikir kritis rendah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) model pembelajaran inquiry hybrid-STEAM lebih cocok untuk siswa berpikir kritis tinggi sedangkan model inquiry terbimbing cocok untuk siswa berpikir kritis rendah (2) kemampuan HOTS berpikir kritis tinggi lebih baik daripada siswa berpikir kritis rendah. (3) faktor intrinsik dan ekstrinsik dalam pembelajaran yang membuat adanya interaksi antara berpikir kritis dengan model pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/288948

Actions (login required)

View Item View Item