Penerapan model pembelajaran Group to Group Exchange (GGE) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menjelaskan komunikasi kantor (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK PGRI 7 Malang) / Maya Kusuma De - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Group to Group Exchange (GGE) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menjelaskan komunikasi kantor (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK PGRI 7 Malang) / Maya Kusuma De

Dewi, Maya Kusuma (2014) Penerapan model pembelajaran Group to Group Exchange (GGE) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menjelaskan komunikasi kantor (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK PGRI 7 Malang) / Maya Kusuma De. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dewi Maya Kusuma. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Group to Group Exchange untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Menjelaskan Komunikasi Kantor (Studi pada Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK PGRI 7 Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Agus Hermawan M.Si. M.Bus (2) Hj. Madziatul Churiyah S.Pd. M.Si Kata kunci Group to Group Exchange Aktivitas Hasil Belajar. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil observasi pembelajaran yang diterapkan di SMK PGRI 7 Malang selama ini masih berpusat pada guru. Hal itu dapat menyebabkan siswa menjadi pasif dan kurang mandiri dalam belajar. Oleh karena itu perlu adanya sebuah pembaharuan pembelajaran untuk mengubah paradigma tersebut yaitu penerapan model pembelajaran Group to Group Exchange untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Model pembelajaran ini menuntut siswa untuk berpikir tentang apa yang dipelajari berkesempatan untuk berdiskusi dengan teman bertanya dan membagi pengetahuan yang diperoleh kepada yang lainnya. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan jenis penelitian tidakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK PGRI 7 Malang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes tertulis yang dilaksanakan pada awal dan akhir setiap siklus pedoman wawancara catatan lapangan lembar observasi dan dokumentasi. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Group to Group Exchange dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan aktivitas berdasarkan pada rata-rata siklus I sebesar 81 3% sedangkan rata-rata dari siklus II mencapai 97 12% dari enam indikator. Hasil belajar aspek kognitif pada pembelajaran model Group to Group Exchange siklus I mencapai rata-rata nilai sebesar 78 22 dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata-rata nilai sebesar adalah 84 6. Sedangkan hasil belajar aspek afektif pada siklus I mencapai rata-rata nilai sebesar 77 64 dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata-rata nilai sebesar 82.56. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran Group to Group Exchange pada kompetensi dasar Menjelaskan Komunikasi Kantor kelas X APK di SMK PGRI 7 Malang sudah sangat baik siswa dan guru sudah melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (2) Pembelajaran model Group to Group Exchange pada kompetensi dasar Menjelaskan Komunikasi Kantor kelas X APK di SMK PGRI 7 Malang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan baik (3) Penerapan model pembelajaran Group to Group Exchange pada kompetensi dasar Menjelaskan Komunikasi Kantor kelas X APK di SMK PGRI 7 Malang dapat meningkatkan hasil belajar siswa baik aspek kognitif maupun aspek afektif. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) Untuk guru mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran sebaiknya menerapkan model pembelajaran yang bervariasi dan sesuai dengan materi salah satunya yaitu model pembelajaran Group to Group Exchange (2) Untuk siswa kelas X APK SMK PGRI 7 Malang hendaknya mempersiapkan diri dengan belajar terlebih dahulu sebelum pembelajaran dan perlu meningkatkan keberanian dalam mengajukan pertanyaan maupun berargumentasi guna lebih memahami materi yang dipelajari (3) Untuk peneliti berikutnya dapat melakukan kegiatan penelitian lebih lanjut untuk mengembangkan dan menerapkan model pembelajaran Group to Group Exchange bukan hanya pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran saja tetapi juga pada mata pelajaran lain yang sesuai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28893

Actions (login required)

View Item View Item