Penerapan model pembelajaran Active Learning tipe Index Card Match untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada mata pelajaran pelayanan pelanggan kelas X APK di SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Dita Fisma Mawarni - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Active Learning tipe Index Card Match untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada mata pelajaran pelayanan pelanggan kelas X APK di SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Dita Fisma Mawarni

Mawarni, Dita Fisma (2014) Penerapan model pembelajaran Active Learning tipe Index Card Match untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada mata pelajaran pelayanan pelanggan kelas X APK di SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Dita Fisma Mawarni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mawarni Dita Fisma. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Active Learning Tipe Index Card Match Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pelayanan Pelanggan Kelas X Apk Di SMK Muhammadiah 3 Singosari. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Suharto S.M. M.Pd. M.M (2) Madziatul Churiyah S.Pd M.M Kata kunci Active Learning Tipe Index Card Match Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar 12288 12288 12288 12288 Penerapan model pembelajaran Index Card Match merupakan suatu aktivitas siswa yang dituntut untuk menguasai dan memahami konsep melalui pencarian kartu bertujuan untuk memecahkan beberapa masalah yang ditemukan untuk dapat melengkapi dan pengamat dengan pengalaman belajar yang nantinya dapat meningkatkan pemahaman dalam belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 3 Singosari dikarenakan berdasarkan pengalaman mengajar di sekolah tersebut belum pernah menerapkan pembelajaran Index Card Match sehingga peneliti ingin memperkenalkan dan menerapkan pembelajaran tersebut guna unuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa di kompetensi dasar Pelayanan Pelanggan. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya peningkatan aktifitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Index Card Match pada Kompetensi Dasar Pelayanan Pelanggan siswa kelas X APK SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi wawancara tes dan catatan lapangan. Teknik analisis data yaitu dengan melakukan reduksi data penyajian data dan kesimpulan. Tahap-tahap penelitian tindakan kelas yang diterapkan dalam penelitian ini terdapat dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pada setiap siklus dilakukan perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SMK Muhammadiyah 3 Singosari Jalan Ken Arok No. 9 Singosari Malang 65153. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktifitas dan hasil belajar setelah diterapkan model pembelajaran Index Card Macth. Dari penelitian yang telah dilakukan terlihat siswa lebih aktif karna semua siswa ikut terlibat dalam proses pembelajaran. Hasil belajar siswa meningkat terlihat pada Siklus I nilai rata-rata pre test 66 7 dan post test 78 3 dan pada Siklus II hasil rata-rata pre test 76 2 dan post test 87 2 siswa meningkat. Dengan demikian menunjukkan bahwa model pembelajaran Index Card Macth dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Pelayanan Pelanggan siswa kelas X APK SMK Muhammadiyah 3 Singosari. 12288 12288 12288 12288 Diharapkan setelah penerapan model pembelajaran Index Card Macth ini mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Timbulnya interaksi sesama siswa dapat berkerja sama dan mempermudah siswa dalam mengingat dan memahami pelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28892

Actions (login required)

View Item View Item