Penerapan aplikasi rapid typing untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran otomatisasi perkantoran di SMK PGRI 2 Malang / Adib Bayu Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan aplikasi rapid typing untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran otomatisasi perkantoran di SMK PGRI 2 Malang / Adib Bayu Pratama

Pratama, Adib Bayu (2014) Penerapan aplikasi rapid typing untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran otomatisasi perkantoran di SMK PGRI 2 Malang / Adib Bayu Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pratama Adib Bayu. 2014. Judul Penerapan Aplikasi Rapid Typing Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran di SMK PGRI 2 Malang . Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. (I) Drs. Mohammad Arief M.Si (II) Drs. Sarbini Kata kunci Rapid Typing Motivasi Hasil Belajar 12288 12288 12288 12288 Aplikasi Rapid Typing adalah aplikasi untuk melatih keterampilan mengetik siswa. Aplikasi ini mengukur kecepatan mengetik dengan satuan Karakter Per Menit (KPM). Penelitian ini bertujuan apakah aplikasi Rapid Typing pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X APK 1 SMK PGRI 2 Malang tahun pelajaran 2013/2014. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) apakah dengan penerapan aplikasi Rapid Typing pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran dapat meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas X APK 1 di SMK PGRI 2 Malang tahun pelajaran 2013/2014 (2) apakah dengan penerapan aplikasi Rapid Typing pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas X APK 1 di SMK PGRI 2 Malang tahun pelajaran 2013/2014. 12288 12288 12288 12288 Sesuai dengan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini maka teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi tes dokumentasi dan angket. Data penelitian ini di analisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode CAI (Computer Assisted Instruction) tipe Instructional atau Educational Games yang menciptakan kemampuan pada lingkungan permainan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Siklus penelitian tindakan kelas dilaksanakan melalui empat langkah utama yaitu perencanaan tindakan observasi dan refleksi. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini adalah (1) hasil angket motiasi belajar siswa (a) Pencapaian motivasi siswa berdasrkan skor rata-rata pernyataan dengan nilai sangat positif dalam angket adalah 3.41. (2) hasil penelitian siklus 1 (a) siswa yang tuntas belajar mengetik menggunakan Rapid Typing sebanyak 30 (75%) siswa. Sedangkan siswa yang belum tuntas belajar sebanyak 5 (12 5%) siswa dan 5 (12 5%) siswa lainnya tiak hadir 4 orang siswa dikarenakan sakit dan 1 siswa tidak hadir tanpa keterangan. Sesuai dengan taraf keberhasilan hasil belajar siswa yang ditentukan oleh sekolah pembelajaran pada siklus pertama terdapat 5 (12 5%) orang siswa yang belum memenuhi target. (b) nilai rata-rata pada level mudah adalah 203 level menengah adalah 183 dan sulit adalah 179. (3) hasil penelitian siklus 2 (a) pada hasil mengetik siklus 2 diketahui bahwa siswa yang tuntas belajar pada test ini sebanyak 35 siswa. Sedangkan untuk siswa yang belum diujikan sebanyak 5 siswa yang tidak hadir 4 orang siswa dikarenakan sakit dan 1 siswa tidak hadir tanpa keterangan. (b) nilai rata-rata yang diperoleh level mudah adalah 215 level menengah adalah 221 dan level sulit adalah 216 KPM atau dapat dikatakan sudah melampaui SKM yang ditentukan sekolah yaitu sebesar 200 KPM. 12288 12288 12288 12288 Saran dalam penelitian ini adalah (1) Siswa hendaknya lebih bersemangat dalam menggunakan aplikasi rapid typing dan meningkatkan keterampilan mengetiknya secara rutin (2) Pemakaian aplikasi Rapid Typing ini hendaknya dilakukan secara rutin agar proyeksi kedepan setelah menggunakan aplikasi Rapid Typing adalah siswa mampu mengetik 10 jari tanpa melihat keyboard (3) Bagi Guru mata pelajaran Otomatisasi perkantoran dapat menerapkan aplikasi Rapid Typing dalam pelajaran Otomatisasi Perkantoran agar pembelajaran lebih bervariatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28891

Actions (login required)

View Item View Item