Penerapan model Group Investigation (GI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran mengelola sistem kearsipan (studi pada siswa kelas XI ADM SMKN 1 Pamekasan) / Ani Frastin - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model Group Investigation (GI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran mengelola sistem kearsipan (studi pada siswa kelas XI ADM SMKN 1 Pamekasan) / Ani Frastin

Frastin, Ani (2014) Penerapan model Group Investigation (GI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran mengelola sistem kearsipan (studi pada siswa kelas XI ADM SMKN 1 Pamekasan) / Ani Frastin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Frastian Ani. 2014. Penerapan Model Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Mengelola Sistem Kearsipan (Studi pada Siswa Kelas XI ADM SMKN 1 Pamekasan). Skripsi JurusanManajemenProgram StudiPendidikanAdministrasiPerkantoranFakultasEkonomiUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Wasiti S.Sos. M.Si (II) Drs. I NyomanSuputra M.Si. Kata Kunci Model Pembelajaran Group Investigation Hasil Belajar Penerapan pembelajaran yang bersifat konvensional di sekolah dengan menggunakan metode ceramah masih banyak diterapkan dalam proses belajar mengajar. Proses belajar mengajar seperti ini lebih banyak didominasi oleh guru dan jarang melibatkan siswa sehingga mengakibatkan siswa cenderung pasif dan hasil belajar kurang memuaskan. Untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran tersebut maka dibutuhkan model pembelajaran yang mampu menjadi alternatif agar siswa senang dalam kegiatan belajar mengajar dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah Group Investigation. Group Investigationadalahkelompokkeciluntukmendorongdanmenuntunsiswadalamketerlibatanbelajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI ADM SMKN 1 Pamekasan yang berjumlah 33 siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan model pembelajaran Group Investigation. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan 4 siklus setiap siklus terdapat beberapa tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembarobservasi wawancara catatan lapangan rubrik penilaian tes dan dokumentasi.Dalam kegiatan ini peneliti dibantu oleh 2 orang observer yaitu ibu Mudji Astuti selaku guru mata pelajaran Mengelola Sistem Kearsipan dan ibu Yeyen A.W. Data hasilbelajarsiswaaspekkognitifmengalamipeningkatansetelahpenerapan model pembelajaranGroup Investigation yang mananilairata-rata siswa 48 25 padatesawal 50 pada pre tessiklus I danmengalamipeningkatanmenjadi 63 21 padapostes 71 71 pada pre tessiklus II mengalamipeningkatanmenjadi 78 75 padapostes 74 24 pada pre tessiklus III menjadi 83 18 padapostes 78 18 pada pre tessiklus IV menjadi 89 09 padapostes dan 94 09 padafinal test. Secarakeseluruhanhasilbelajarsiswaaspekkognitifmulaidarinilaiawalhinggafinal testmengalamipeningkatansebesar 45 84. Hasilbelajarsiswaaspekafektifpadasiklus I adalah 60% meningkatmenjadi 74% padasiklus II 83% padasiklus III dan 91% padasiklus IV.Secarakeseluruhanhasilbelajarsiswaaspekafektifdarisiklus I hinggasiklus IV mengalamipeningkatansebesar 31%.Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran model Group Investigation(GI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan disarankan baik guru siswa dan peneliti selanjutnya dapat menerapakan model Group Investigation sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Mengelola Sistem Kearsipan atau mata pelajaran yang lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28890

Actions (login required)

View Item View Item