Pengaruh implementasi kompetensi profesional dan persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap hasil belajar siswa di SMK Negeri 1 Turen / Cholidah Ratna Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh implementasi kompetensi profesional dan persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap hasil belajar siswa di SMK Negeri 1 Turen / Cholidah Ratna Wulandari

Wulandari, Cholidah Ratna (2014) Pengaruh implementasi kompetensi profesional dan persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap hasil belajar siswa di SMK Negeri 1 Turen / Cholidah Ratna Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengaruh Implementasi Kompetensi Profesional dan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Turen. Skripsi Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Agung Winarno M.M (II) Elfia Nora S.E. M.Si. Kata Kunci Kompetensi Profesional Persepsi Siswa Metode Mengajar Hasil Belajar Dalam Undang-undang No.14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen menegaskan salah satu prasyarat menjadi seorang guru yaitu guru wajib memiliki kualifikasi akademik kompetensi sertifikat pendidik sehat jasmani dan rohani serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Kompetensi guru yang dimaksud adalah kompetensi pedagogik kompetensi kepribadian kompetensi sosial dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi. Selain itu metode mengajar dapat membentuk persepsi siswa terhadap kegiatan pembelajaran. Masing-masing berpengaruh terhadap perolehan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) deskripsi tingkat kompetensi profesional guru 2) deskripsi persepsi siswa tentang metode mengajar guru 3) mendeskripsi hasil belajar siswa 4) pengaruh kompetensi profesional terhadap hasil belajar siswa dan 5) pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap hasil belajar. Paradigma penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah 35 guru mata pelajaran produktif dan 81 siswa kelas XII di SMK N 1 Turen. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan 1) kompetensi profesional guru dalam kategori sangat baik ditunjukkan dengan mayoritas guru telah menempuh pendidikan minimal Strata-1 (S1) 2) persepsi siswa tentang metode mengajar guru dalam kategori baik karena dalam memilih metode mengajar guru memperhatikan aspek anak didik tujuan fasilitas situasi dan guru 3) Hasil belajar siswa dalam kategori tuntas ditunjukkan dengan mayoritas hasil belajar memenuhi kriteria ketuntasan minimal 4) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi profesional dan hasil belajar 5) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan guru meningkatkan kompetensi profesional dengan menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan melakukan penelitian tindakan kelas. Guru dapat dapat membangun persepsi yang lebih baik pada siswa dengan melakukan pendekatan pada saat siswa mengerjakan soal. Bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan hasil penelitian dengan mengkaji pengaruh kompetensi profesional terhadap persepsi siswa tentang metode mengajar atau memperluas subjek penelitian tidak hanya dalam satu lingkup sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28889

Actions (login required)

View Item View Item