Pengaruh persepsi guru tentang pelatihan dan iklim kerja terhadap kinerja guru (studi pada guru DMKN 1 Turen) / Arum Wahyuningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi guru tentang pelatihan dan iklim kerja terhadap kinerja guru (studi pada guru DMKN 1 Turen) / Arum Wahyuningtyas

Wahyuningtyas, Arum (2014) Pengaruh persepsi guru tentang pelatihan dan iklim kerja terhadap kinerja guru (studi pada guru DMKN 1 Turen) / Arum Wahyuningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wahyuningtyas Arum. 2014.Pengaruh Persepsi Guru Tentang Pelatihan dan Iklim Kerja Terhadap Kinerja Guru (Studi Pada Guru SMKN 1 Turen). Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Aniek Indrawati S.Si. M. (II) Drs. I Nyoman Suputra M.Si Kata Kunci Persepsi Guru Pelatihan Iklim Kerja Kinerja Guru Melihat fenomena dalam kehidupan sehari-hari tidak ada permasalahan yang lebih banyak memperoleh perhatian masyarakat dari pada masalah pendidikan. Sebagian permasalahan yang timbul adalah mutu pendidikan yang dianggap kurang memuaskan dan keluaran yang tidak tertampung dalam dunia kerja. Kinerja guru sering dipertanyakan oleh masyarakat ketika terjadi ketidakpuasan pada hasil pendidikan. Berdasarkan isu fenomena di atas salah satu SMK di Kabupaten Malang khususnya di SMKN 1 Turen Kecamatan Turen ada sisi menarik untuk dikaji dan dicermati sejalan dengan komitmen pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui kinerja guru yaitu penerapan green school di SMKN 1 Turen untuk menunjang kinerja guru dari sisi iklim sekolah dan pandangan masyarakat setempat yang menyebutkan bahwa SMKN 1 Turen adalah SMK favorit dengan guru yang berkompeten dan terlatih. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan pelatihan iklim kerja dan kinerja guru di SMKN 1 Turen 2) mengetahui apakah pelatihan berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru di SMKN 1 Turen 3) mengetahui apakah iklim kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru di SMKN 1 Turen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan jenis penelitian ini menggunakan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru pegawai negeri sipil (PNS) di SMK N 1 Turen yang berjumlah 50 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar angket wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa 1) kegiatan pelatihan Guru di SMKN I Turen sudah cukup bagus. 2) Iklim Kerja di SMKN I Turen dapat dikatakan bagus. 3) Kinerja Guru di SMKN I Turen sudah bagus. 4) Pelatihan berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Guru. 5) Iklim Kerja berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Guru. Dari hasil penelitian ini diharapkan semua guru dapat meningkatkan level pelatihan yang diikutinya tidak hanya mengikuti pelatihan di intern sekolah saja tetapi juga mengikuti pelatihan di tingkat kecamatan kabupaten provinsi nasional dan internasional. Kemudian untuk SMKN 1 Turen diharapkan pihak sekolah selalu meningkatkan kinerja guru dari segi pelatihan dan iklim kerja dan selanjutnya bagi peneliti selanjutnya dapat mengadakan penelitian dengan bidang dan variabel-variabel yang relevan dengan penelitian ini dengan metode dan analisis yang sama serta dengan objek penelitian yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28888

Actions (login required)

View Item View Item