Aisyah, Siti (2014) Pengaruh penguasaan kompetensi mata pelajaran produktif dan minat siswa terhadap penilaian praktik kerja industri kelas XII Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK PGRI 2 Malang / Siti Aisyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Aisyah Siti. 2014. Pengaruh Penguasaaan Kompetensi Mata Pelajaran Produktif dan Minat Siswa Terhadap Penilaian Praktik Kerja Industri Siswa Kelas XII Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK PGRI 2 Malang. Skripsi Jurusan Manajemen S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Aniek Indrawati S.Si. M.M (2) Drs. I Nyoman Suputra M.Si. Kata Kunci Penguasaan Mata Pelajaran Produktif Minat Siswa Penilaian Praktik Kerja Industri (Prakerin) Praktik kerja industri merupakan bagian dari Pendidikan Sistem Ganda (PSG) yang dilakukan oleh Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Meningkatnya prestasi praktik kerja industri siswa tercermin pada nilai yang baik. Nilai tersebut diperoleh dengan perpaduan dari faktor afektif kognitif dan psikomotorik di setiap siswa. Faktor kognitif dalam penguasaan pengetahuan yang diperoleh siswa diimplikasikan kedalam faktor psikomotorik dalam praktik kerja industri dan didorong oleh minat atau keinginan siswa dalam mengikuti praktik kerja industri yang sangat berpengaruh dalam penilaian praktik kerja industri dalam program PSG di SMK PGRI 2 Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penguasaan kompetensi mata pelajaran produktif dan minat siswa terhadap penilaian praktik kerja industri siswa kelas XII Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK PGRI 2 Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanasi teknik pengumpulan data menggunakan angket dokumentasi dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK PGRI 2 Malang tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah 37 siswa yang sudah melakukan praktik kerja industri. Penelitian ini adalah penelitian populasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penguasaan kompetensi mata pelajaran produktif memiliki predikat kompeten 2) minat siswa dalam prakerin dikatakan tinggi 3) penilaian praktik kerja industri dikategorikan baik 4) ada pengaruh antara penguasaaan kompetensi mata pelajaran produktif secara parsial terhadap penilaian praktik kerja industri dengan nilai thitung ttabel (2 452 1 69) dan 5) ada pengaruh antara minat siswa secara parsial terhadap penilaian praktik kerja industri dengan nilai thitung ttabel (2 762 1 69). Saran yang diberikan oleh peneliti adalah pihak sekolah (bersama guru) lebih mengembangkan proses pembelajaran yang lebih berorientasi kepada praktik tanpa meninggalkan penyampaian materi. Materi yang diajarkan juga harus lebih disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan tempat praktik dan siswa diharapkan sebisa mungkin selalu meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran produktif dan minat prakerin karena kedua faktor tersebut merupakan faktor yang penting untuk penilaian prakerin.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 May 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28886 |
Actions (login required)
View Item |