Penerapan kolaborasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XII APK SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Siti Ila Maisaroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan kolaborasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XII APK SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Siti Ila Maisaroh

Maisaroh, Siti Ila (2014) Penerapan kolaborasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XII APK SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Siti Ila Maisaroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Maisaroh Siti Ila. 2013. Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dan NHT (Numbered Heads Together) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi pada Siswa Kelas XII APK SMK Muhammadiyah 2 Malang pada Standar Kompetensi Mengatur Perjalanan Dinas). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Heny Kusdiyanti S.Pd M.M. (II) Dr. H. Heri Pratikto M.Si. Kata kunci Model Pembelajaran PBL dan NHT hasil belajar siswa. 12288 12288 12288 12288 Mata pelajaran Mengatur Perjalanan Dinas siswa dituntut untuk memiliki kecerdasan interpersonal. Dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal guru harus menciptakan kondisi kelas yang interaktif komunikatif dan menyenangkan bagi siswa. Salah satunya adalah dengan menerapkan metode pembelajaran yang mampu meningkatkan keaktifan siswa yaitu melalui kolaborasi PBL (Problem Based Learning) dan NHT (Numbered Heads Together). 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) implementasi kolaborasi model pembelajaran PBL dan NHT (2) peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan pembelajaran (3) respon siswa terhadap penerapan kolaborasi pembelajaran model PBL (Problem Based Learning) dan NHT (Numbered Heads Together). Pendekatan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 4 tahap yaitu (a) perencanaan (b) pelaksanaan (c) observasi dan (d) refleksi yang terdiri dari 2 siklus. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi tes angket catatan lapangan dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah mereduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar pada aspek konitif dan afektif yaitu aspek kognitif 78 61% dan aspek afektif 73 47% pada siklus I. pada siklus II aspek kognitif 86 39% dan aspek afektif 90 42%. Selain itu siswa juga memberikan respon yang sangat positif terhadap penerapan kolaborasi pembelajaran PBL dan NHT yaitu sebesar 91%. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian tersebut saran yang diberikan oleh peneliti antara lain (1) Bagi guru dianjurkan menerapkan pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa (2) Bagi siswa hendaknya mampu meningkatkan kreatifitas mereka untuk lebih maju dengan cara terus belajar berfikir lebih kritis dan mau mengungkapkan pendapat sehingga siswa dapat meningkatkan hasil belajar (3) Bagi sekolah hasil penelitian diharapkan menjadi pertimbangan dalam upaya perbaikan penerapan strategi pembelajaran (4) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan perbaikan pada kekurangan yang terjadi dalam penerapan kolaborasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Numbered Heads Together (NHT) sebagai salah satu upaya peningkatan hasil belajar. 12288 12288 12288 12288

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Apr 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28885

Actions (login required)

View Item View Item