Utomo, M. Nurhuda Wahyu (2014) Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif menggunakan macromedia flash pada standar kompetensi mengelola sistem kearsipan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada kelas XII Administarsi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen / M. Nurhuda Wahyu Utom. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Utomo M. Nurhuda Wahyu. 2013. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Menggunakan Macromedia Flash Pada Standar Kompetensi Mengelola Sistem Kearsipan Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Kelas XII Administrasi Perkantoran Di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Skripsi Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Heny Kusdiyanti S.Pd M.M (2) Hj. Madziatul Churiyah S.Pd M.M. Kata Kunci Multimedia Pembelajaran Interaktif Motivasi Belajar Hasil Belajar Perkembangan teknologi yang semakin modern membawa dampak yang besar terutama dalam dunia pendidikan. Penggunaan media sebagai pendukung guru dalam proses pembelajaran kepada murid. Namun kenyataannya guru belum sepenuhnya mempergunakan media secara maksimal. Dikarenakan pada guru masih merasa kesulitan dalam mengoperasikan media sehingga guru masih menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan materi pembelajaran dan siswa hanya terpaku pada materi yang disampaikan oleh guru. Akibatnya motivasi dan hasil belajar siswa kurang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berbentuk Digital Versatile Disk (DVD) interaktif serta membedakan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XII Administrasi Perkantoran. Penelitian ini menggunakan adaptasi model pengembangan Borg and Gall dalam Sukmadinata kemudian dilakukan modifikasi sesuai dengan kebutuhan menjadi enam tahapan. Sumber data diperoleh dari pengisian angket oleh ahli media ahli materi dan angket motivasi siswa serta hasil belajar siswa. Penelitian ini mengambil subjek penelitian dari dua kelas administrasi perkantoran yaitu kelas XII APK II dan XII APK III. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisa data kualitatif yaitu teknik analisa dan persentase. Berdasarkan hasil rata-rata untuk ahli materi sebesar 81 25% dan ahli media pembelajaran sebesar 85 3% dengan kriteria valid digunakan. Sedangkan uji coba dilakukan pada dua kelas yang berbeda yaitu kelas experimen dan kelas kontrol. Adapun hasil nilai rata-rata kelas experimen sebesar 92 2% lebih besar dari pada kelas kontrol sebesar 81 4%. Sedangkan hasil nilai uji coba lapangan untuk kelas experimen mendapat nilai 89 6% dan kelas kontrol mendapat nilai 81 2%. Sedangkan hasil dari uji normalitas menggunakan kolmogorov-smirnov menunjukkan nilai yang berkontribusi normal. Kemudian diuji uji t-test independent sample dengan hasil 0 259 0 05 menyatakan bahwa ada perbedaan hasil nilai antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kesimpulan umum yang dapat diambil dari penelitian ini adala penggunaan media dalam proses pembelajaran dinyatakan efektif dapat membantu dan mendukung guru dalam menjelaskan materi yang disampaikan serta siswa dapat belajar secara mandiri dengan menggunakan media pembelajaran ini sehingga tingkat motivasi dan hasil belajar siswa dapat meningkat . Bagi peneliti lain disarankan dalam pembuatan media pembelajaran memperhatikan konten warna animasi dan suara yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Mar 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28884 |
Actions (login required)
View Item |