Simatupang, Robin Christian (2014) Implementasi model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan Group Investigation (GI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XI APK SMK Negeri 1 Sooko-Mojokerto pada mata pelajaran kearsipan) / Robin Christian Simatup. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Simatupang Robin Christian. 2013. Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi pada Siswa Kelas XI APK 2 SMK Negeri 1 Sooko-Mojokerto pada Mata Pelajaran Kearsipan). Skripsi. Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Suharto. S.M. M.Pd. M.M (2) Dr. H. Agung Winarno. M.M. Kata Kunci Implementasi Model Pembelajaran CIRC dan GI. Hasil Belajar Siswa 12288 12288 12288 12288 Dunia pendidikan telah mengalami perkembangan yang cukup signifikan dengan diterapkannya berbagai kurikulum yang hampir di setiap periode dikembangkan dan diperbaharui hingga mencapai pendidikan Indonesia yang mampu bersaing pada arus global. Kebutuhan pendidikan yang diterapkan di Indonesia adalah pendekatan kooperatif yang lebih menekankan siswa berperan aktif dalam proses belajar pembelajaran. Di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto kebutuhan siswa lebih pada peningkatan motivasi dan keaktifan siswa pada proses belajar pembelajaran di dalam kelas. Pendekatan kooperatif sangat cocok untuk keadaan tersebut dan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan Group Investigation (GI) diharapkan mampu untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa XI APK 2 pada mata pelajaran kearsipan. Rumusan masalah dari penilaian ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode pembelajaran kooperatif dengan menggabungkan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan Group Investigation (GI) pada mata pelajaran kearsipan siswa kelas XI APK 2 SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto (2) Apakah metode pembelajaran kooperatif dengan menggabungkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa . Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain (1) observasi (2) tes kemampuan baik pre test maupun post test (3) angket (4) catatan lapangan (5) dokumentasi dan (6) wawancara. Sedangkan analisis data kualitatif dilakukan dalam 3 tahap yaitu (1) reduksi data (2) penyajian data (3) penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto menunjukkan bahwa pada siklus 1 kegiatan pre test yang dilakukan oleh peneliti hanya 5 siswa yang memenuhi SKM atau lebih dari nilai 75 dengan nilai rata rata sebesar 65 85. Sedangkan untuk post test terdapat 21 siswa yang memenuhi SKM dengan nilai rata rata 72 9. Prosentase ketuntasan sebesar 12 82% untuk pre test dan untuk post test sebesar 53 84%. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yang cukup signifikan dari nilai pre test dan post test pada siklus 1. Hasil penelitian pada siklus 2 dapat diketahui bahwa terdapat 20 siswa tuntas pada pre test dengan nilai rata rata 73 46. Sedangkan untuk post test terdapat 35 siswa tuntas dengan nilai rata rata 79 51. Hal ini juga menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dari pre test ke post test pada siklus 2 secara signifikan serta penelitian Berdasarkan hasil temuan dari penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran kooperatif dengan menggabungkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Feb 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28880 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |