Hafida, Subuha Nur (2014) Pengembangan modul materi keterampilan berkomunikasi melalui telepon dengan metode demonstrasi dan role playing melalui media audio visual (Studi pada siswa kelas X SMK PGRI 2 Malang) / Subuha Nur Hafida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Hafida Subuha Nur.2013. Pengembangan Modul Materi Keterampilan Berkomunikasi Melalui Telepon dengan Metode Demonstrasi dan Role Playing Melalui Media Audio Visual (Studi pada siswa kelas X SMK PGRI 2 Malang). Skripsi. Jurusan Manajemen Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran FE Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Wasiti S.Sos M.Si (II) Dr. Heny Kudiyanti S.Pd. M.M. Kata kunci Modul Metode Demonstrasi dan Role Playing Keterampilan Berkomunikasi Melalui Telepon. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan Modul Komunikasi Melalui Telepon untuk siswa kelas X SMK yang sesuai dengan metode demonstrasi dan role playing. Modul dengan metode demonstrasi adalah bahan ajar yang disusun berdasarkan Kurikulum 2013 yang dikemas dalam bentuk satuan pembelajaran serta rangkaian konsep yang disampaikan dengan menggunakan alat peraga untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan serta mengarahkan siswa mampu belajar secara mandiri. Karakteristik modul dengan metode demonstrasi dan role playing yaitu (1) adanya petunjuk penggunaan modul untuk guru dan siswa (2) memuat tujuan pembelajaran yang akan dicapai untuk menentukan kegiatan belajar yang akan direncanakan (3) adanya pembelajaran secara indivudu maupun kelompok dalam menemukan konsep baru (4) adanya aktifitas dalam modul mengarahkan siswa untuk berperan aktif dalam proses penemuan konsep baru (5) materi yang disampaikan dan contoh soal yang diberikan berdasarkan pada masalah nyata dan (6) modul memuat alat pengukuran pencapaian hasil belajar berupa lembar latihan soal dan lembar evaluasi. Prosedur yang digunakan dalam mengembangkan modul yaitu (1) tahap persiapan (2) tahap penyusunan dan (3) tahap validasi dan revisi. Validasi modul dilakukan oleh 1 orang dosen jurusan manejemen program studi administrasi perkantoran Universitas Negeri Malang sebagai validator ahli 1 orang guru mata pelajaran korespondensi SMK PGRI 2 Malang sebagai validator praktisi dan dua siswa kelas X SMK PGRI 2 Malang sebagai validator user. Hasil yang diperoleh dari pengembangan modul dengan metode demonstrasi dan role playing ini setelah melewati validasi oleh validator ahli praktisi dan user modul dikatakan valid dengan presentase sebesar 86 94%. Tetapi demi kesempurnaan modul yang dikembangkan tetap dilakukan revisi modul. Revisi modul diperoleh dari hasil kritik dan komentar dari masing-masing validator. Saran bagi pengembangan lebih lanjut pembina mata pelajaran korespondensi disarankan untuk memanfaatkan modul dengan metode demonstrasi dan role playing ini sebagai alternatif pembelajaran korespondensi pada materi keterampilan komunikasi melalui telepon
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Jan 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28878 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |